Sabtu, 17 April 2010

Dengan Grapthec Craft Robo bisa Membuat Sablon sebesar A3

Dengan Grapthec CraftRobo Bisa Membuat Sablon A3

Ini sedikit cara yang Saya gunakan untuk membuat Sablon A3 tetapi menggunakan alat2 A4. Karena keterbatasan alat yang saya miliki, maka dari itu saya menggunakan cara seperti ini. Alat2 yang saya punya hanya printer T-11 dan mesin cutting Grapthec RoboCraft. Yang mana keduanya hanya mampu mencetak diatas kertas A4 atau memotong maksimal lebar 20 cm utk RoboCraft. Pada suatu hari saya menerima order membuat sablon baju digital dgn menggunakan Flex tetapi dia mau besar gambar lebih dari 20 cm. Tepatnya 26 cm Lebar Tinggi 36 cm. Ditambah tulisan kira2 Panjangnya 45 cm.

Ini cara saya gunakan untuk membuat sablon tersebut :

1. Pertama2 Anda harus membuat Mal, Di print Mirror. Menggunakan 2 buah kertas kwarto yang disusun sehingga membentuk gambar sebesar A3. Cara pembuatannya bisa diakalin melalui settingan di printer.
Pertama2 buat ukuran gambar di Illustrator Atau Corel sebesar A3. Lalu waktu di settingan printer, Pilih size kertas A3. Lalu di Tab page layaout centang reduce/ enlarge Document. By Output paper sizenya pilih Letter. Lalu centang Multi-page pilih poster size. Pilih 2X1.
Nanti hasil seperti ini yg didapat.



2. Setelah itu setting gambar di Illustrator untuk dipotong. Rubah dulu jadi Outline. Lalu gambar harus di ungroup dulu supaya nanti bisa kita pisah2 kan dulu sebelum dipotong. Dikarenakan batas potong di RoboCraft hanya 20 cm, maka dari itu harus diakalin dengan cara ini. Lihat di gambar, saya kasih batas biru. Itu batas Grapthec Craft Robo maksimal bisa motong. Jadi, nanti Jurangan2 sekali harus atur gambar tidak boleh lebih dari garis biru tersebut.



3.Setelah selesai dipotong dgn grapthec, Anda harus potong2 lagi yg potongan2 tadi dipindahkan. Dengan menggunakan Masking tape tahan panas. Susun lagi potongan2 dgn dibantu Mal yg sudah dibikin pada langkah pertama tadi. Setelah selesai menyusun sampai rapi, kira2 seperti gambar dibawah ini.



4. Abis itu selesai dah tugas kita. Tinggal press di baju. Ditambah dengan tulisan atas bawahnya. Jadi kelihatan seperti ini. Keren kan. Tidak kelihatan kalo kita tidak punya alat2 sebesar A3. Tetapi kita bisa buat Sablon digital sebesar A3. Ini dibuat di baju XXL Hitam.

Ini tampak jadinya :



Tampak Sablon Kalo Di Zoom :



Semoga bisa membantu menambah kreatifitas Juragan2 sekali dalam menyablon baju secara digital.



31 komentar:

  1. Oom...itu pake Glow-jo ya?

    BalasHapus
  2. weh pak suwanto kreatif bgt, dengan perlengkapan seadanya bisa memenuhi pesanan yang lebih dari spek alt. kapan2 saya juga mau pesen hihihi untuk A3 picture.

    BalasHapus
  3. om, kalau pressnya harus pakai press A3?

    BalasHapus
  4. mas, ini pakai sticker cutting yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Pak pengerjaannya menggunakan cutting sticker Graphtec Craftrobo.
      Sedangkan bahannnya menggunakan Flex Glitter Korea.

      Hapus
  5. kalo jumlah nya banyak mending manual lebih murah tinggal prin laser a3, kaos di lem , tinggal sablon deh, pingin lebih bagus ya sablon nya di ulang, hasil nya sip banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo jumlah banyak memang lebih murah sablon manual. Tapi utk pengerjaan satuan begini dgn cara digital ngak lebih dari 30 menit sudah jadi. Hasil juga sip Pak. Glitter ngak bakalan rontok sampai kapanpun. Kalo manual tergantung yg mengerjakan kalo memang ramuan bagus Glitternya bisa tahan lama, kalo yang kurang dicuci berapa kali Glitter pada hilang.

      Hapus
  6. Lengkap juga tips artikelnya tentang cara membuat kaos nya

    BalasHapus
  7. sablon keramik sama sablon baju itu beda apa sama pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo maksud Bpk di kaos polyester Putih atau warna terang, prosesnya hampir sama antara nyablon ke baju polyester putig n ke mug yang sudah dicoating. Sama2 menggunakan printer dengan tinta sublim dan langsung di print mirror diatas kertas sublim secara mirror lalu tinggal di press. (Kertas HVS juga bisa tetapi hasil warna tidak sebagus jika menggunakan Sublim Paper).

      Hapus
  8. Terima kasih pak telah memberikan kesempatan untuk berkomentar. Artikel bapak sangat bagus. Semoga bermanfaat untuk semua

    BalasHapus
  9. kalau menggunakan lampu neon 40 watt dengan jarak 15cm dari kaca, kira-kira berapa lama proses afdruknya agar hasilnya sempurna?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo proses pengerjaan Sablon manual Sy kurang faham Pak, Maaf tidak bisa membantu.

      Hapus
  10. kalau mau beli alatnya dimana ya pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mampir aja ke Toko Kita Pak. Alamatnya ada di kolom kanan blog ini.

      Hapus
  11. peluang usaha yang bagus dan sangat menjanjikan

    BalasHapus
  12. kalau untuk untuk kaos semacam caleg. bisa menggunakan kertas HVS?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo kaos yg biasa dipakai untuk Caleg biasanya banyak mengandung bahan polyester, Bisa Pak asalakan menggunakan printer dengan tinta sublim.
      Untuk penggunaan kertas HVS bisa, tetapi jika ingin warna yang dihasilkan lebih baik, gunakan Sublim Paper Pak.

      Hapus
  13. ada tempat kursusnya tidak pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belajar sablon beginian tidak perlu kursus Pak. Yang penting peralatan yang digunakan harus memenuhi standar penggunaan sudah pasti bisa.

      Hapus
  14. beli cotton gel dimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo Cotton Gel Saya kurang tahu Pak.

      Hapus
  15. apakah kainnya harus di couting dulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk proses penyablonan dimana nih Pak?

      Hapus
  16. kalau pakai printink biasa bisa tidak ya pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya untuk apa nih pakai printing biasa.

      Hapus
  17. ada kekurangannya tidak kalau pakai kertas HVS biasa dan tinta print biasa juga pakai printernya Epson?

    BalasHapus
  18. Kalo utk jumlah 2 atow 3 lusin enak pake mesin ini ya gann?

    BalasHapus
  19. Tq bos,, sangat bermanfaat

    BalasHapus