Senin, 24 Januari 2011

PERBEDAAN TINTA ART PAPER & TINTA PIGMENT

PERBEDAAN TINTA ART PAPER & TINTA PIGMENT.

Banyak yang bertanya perbedaan hasil print tinta Art Paper &
tinta Pigment.
Disini Saya ingin menunjukkan hasil print dari tinta Art Paper
Virginia Island & Tinta Pigment Virginia Island.
Saya membuat 4 buah hasil print di kertas Letter HVS. 2 buah hasil
print menggunakan tinta Art Paper Virginia Island dan 2 buah hasil
print menggunakan tinta Pigment Virginia Island.
Kalo menurut pendapat Saya, hasil yang dihasilkan kurang lebih hampir
sama. Tetapi kalo lebih diperhatikan hasil daripada tinta Art Paper
Virginia Island lebih kereng sedikit atau lebih mencolok.

Ini sedikit hasil2 printnya :








Kalo menurut pendapat Saya, jika Juragan2 sekalian tidak menggunakan printer untuk mengeprint di kertas Art Paper, Jurangan2 sekalian cukup menggunakan tinta pigment saja. Karena perbedaan hasil dari print tidak
terlalu jauh perbedaannya. Sedangkan perbedaan harga per 100 ml nya cukup terpaut jauh.
Tinta Art Paper 100 ml Rp.90.000,-. Sedangakan tinta pigment 100 ml Rp.45.000,-.

555 komentar:

  1. memang tinta pigment bisa print di atas art paper? tanpa blobor? jangan2 harus diamkan dulu 1 malam?

    BalasHapus
  2. kira - kira kalo setelah kertas art paper di cetak dengan tinta art paper langsung dicelupkan kedalam air dan kertasnya digosok-gosok , luntur gak tintanya ... ?

    BalasHapus
  3. Tinta Pigment jelas tidak bisa di print langsung ke kertas Art Paper. Karena memang bukan diperuntukkan untuk kertas Art Paper Pak.
    Jika Bpk ingin print diatas kertas Art Paper, monggo pilih tinta Art Paper. Pasti bisa di print diatas kertas Art Paper.

    Kalo Tinta Art Paper sehabis di print langsung dicelupkan ke air kemungkinan belum bisa Pak. Butuh waktu sebentar untuk kering. Sama seperti pigment juga butuh waktu utk kering. Tunggu bangsa 15 - 30 menit. Jamin sudah bisa dicelupkan ke air dan digosok2 tidak apa2. Paling2 kertas Art Papernya yg rontok.

    BalasHapus
  4. Memang banyak merk Tinta Pigment n Art Paper, semua juga bilangnya nomor 1 Pak.
    Untuk Bpk yang memang ingin mencoba lebih baik lihat dulu hasilnya, apakah merusak head printer atau tidak. Bila perlu dicoba lebih baik.
    Sedangkan Saya menjual tinta Pigment n Art Paper merk Saya karena Saya sudah mencoba di semua media Transfer Paper yang Saya jual dan sudah terbukti baik. Dari hasil, daya tahan tinta. Bukan hanya asal bilang ini yang terbaik.
    Terima Kasih atas komentarnya Pak.

    BalasHapus
  5. Tinta Art Paper Itu Tinta Subime ya pak?

    BalasHapus
  6. Bukan Pak. Tinta Art Paper bukan tinta sublim Pak.

    BalasHapus
  7. ada jual kertas art paper nya ndak?
    kalo mau print di art paper harus pake tinta art paper jg ya mas?

    BalasHapus
  8. Kertas Art Papernya kita sementara ini belum jual Pak. Iya, Betul Pak. Kalo mau print di kertas Art Paper harus menggunakan tinta Art Paper.

    BalasHapus
  9. ADA JUGA TINTA INKTEC LHO BOS....QO NDAK DISEBUTIN. ITU TINTA MERK LHO...

    BalasHapus
  10. Terima Kasih... wawasan saya bertambah, hingga saya sangat tertarik menekuni bidang ini... Semoga saya bisa membuka usaha seperti Anda d daerah nanti... Dan semoga usaha Anda menjadi semakin MAJU dengan SHARE anda d dunia maya ini.. SUKSES & Berkah selalu utk ANda Bp Suwanto... Terima Kasih...

    BalasHapus
  11. Terima Kasih juga Pak. Semoga Bpk juga secepatnya bisa membuka usaha Digital Sablon di daerah Bapak nantinya.

    BalasHapus
  12. sangat-sangat menarik artikelnya, jadi banyak tau..trims. jadi pingin buka sablon dgtl.
    soal kualitas hasil sablonannya yg aku masih ragu,perbandingannya dengan tinta sublime,pigmen, art paper, dgn tranfer paper flex, flock, jpss dll.trus kaos yg dijual dipasaran/distro itu sablonnya pake apa ya.

    BalasHapus
  13. saya mau tanya untuk tinta jenis apa yg baik , diaplikasinkanya ke bahan flex printable ? apa tinta pigmen atau tinta art paper ya ? terimakasih

    BalasHapus
  14. Dua2nya bisa diaplikasikan ke Printable Flex, hanya tinta Art Paper dari segi kecerahan warna n ketahanan lebih baik dibandingkan pigment.

    BalasHapus
  15. Bpk Ivan : Untuk sablon yg dijual di distro2, mereka menggunakan sablon manual. Karena kuantity mereka banyak sehingga dengan process manual biaya produksi jauh lebih murah.
    Tinta Sublim : Cocok untuk sablon baju di PE, POLYESTER, HIGET. Itu juga hanya untuk warna terang/ putih. Sedangkan warna gelap harus menggunakan media yang namanya transfer paper khusus sublim. (Kalo tidak khusus sublim jamin pasti luntur).
    Tinta Pigment/ Art Paper : tinta ini cocok untuk transfer paper yang dijual luas di pasaran Indonesia. Jadi boleh dibilang transfer paper : merk Bl*e Pr*nt, Da*a Pr*nt, ato transfer paper china lainnya yg banyak di jual di mangga dua, itu semua untuk tinta pigment/ tinta art paper.

    BalasHapus
  16. sorry numpang tanya..,
    klo tinta art paper cetak di kertas glosy ato kertas byasa bisa g..????

    BalasHapus
  17. Bisa Pak. Ngak masalah. Itu diatas contoh yg Saya cetak dikertas HVS biasa.
    Bisa buat kartu nama kalo pake kertas inkjet glossy. Hasilnya warna cerah, tahan air, dan tahan sinar UV.

    BalasHapus
  18. wahh.., keren juga tuh tinta art papernya..,
    tp klo buat cetak brosur pake kertas art paper 120g A4 satu sisi per lembar sampek brapa yak..,???

    BalasHapus
  19. Kalo pengalaman Saya menggunakan printer T-1100, Satu lembar full colour kurang lebih Rp.900,-/ lembar. Perhitungannya begini 5 warna tinta 100 ml bisa dipakai print sebanyak 500 lembar sampai salah satu botol tinta habis. 4 botolnya ada yg kepakai 1/4, ada yg 1/2 botol.

    BalasHapus
    Balasan
    1. PAK SAYA MAU TANNYA SAMA BAPA KAN SAYA PRINTER T11OO TUH. KLO PAKE TINTA PALING BAGUS DAN AWET PAKE TINTA PAAH YA PAK SUBLIM PA PINGMEN YAH PAK.....???

      Hapus
  20. pak saya mau tanya, di tempat kami ada buat sticker dengan sistem sablon nah sekarang saya mau rubah dengan sistem printing, yang jadi masalah sticker yg kita sablon berwarna silver dan gold. apa bpk punya tinta warna tersebut?? ataukah bpk punya solusi lain pak?? mohon bantuannya pak

    alamat email saya trironny@gmail.com

    terima kasih sebelumnya..

    BalasHapus
  21. Kalo untuk tinta warna emas n warna silver kita belum punya Pak.

    BalasHapus
  22. pak kalo cetak di art paper pake tinta art paper apa warnanya bisa cerah, dan kalo R230 bisa gak di pake buat tinta art paper?

    BalasHapus
  23. Pak mau nanya...
    tinta art paper kebanyakan menggunakan printer epson, kalo printer canon bisa gak pake tinta ini ??

    BalasHapus
  24. Bpk Adhie : Warnanya cerah koq Pak. Kita sudah coba. R 230 bisa menggunakan tinta Art Paper.

    Bpk Verdinan : Sementara ini hanya printer EPSON yang bisa menggunakan Art Paper. Ini juga hanya tipe printer seri T aja dgn tinta asli Durabrite yang bisa. Kalo tinta asli bukan Durabrite/ pigment, kemungkinan daya tahan head tidak akan kuat.

    BalasHapus
  25. pak gak ada paket buat Epson T30 ya?

    BalasHapus
  26. T-3o sementara ini Kita tidak ada stok printernya Pak.

    BalasHapus
  27. bos, klo tinta artpaper sudah di test dikain , belum, maksudnya pingin tahu apakah bisa menggantikan tinta dtg, sebab tinta dtg warnanya buram terutama di merah.,klo memang tinta artpaper kuat tahan air, berarti tidak masalah klo dipaakai di cotton,. mohon infonya segera

    BalasHapus
  28. Tinta Art Paper tidak bisa digunakan di kain Pak.

    BalasHapus
  29. saya menggunakan printer R230x untuk cetak foto dengan tinta infus dye, apa bisa langsung ganti dengan tinta pigment? apakah hasilnya bisa lebih cerah? apakah printhead printer tetap awet seperti ketika menggunakan tinta dye? mohon pencerahannya pak. wassalam.

    BalasHapus
  30. Kalo untuk cetak foto Pak, tinta dye ink jelas lebih bagus hasilnya. Tetapi tinta pigment juga bisa digunakan untuk cetak foto. Hasilnya juga tidak mengecewakan koq Pak. Hanya mata yang benar2 terlatih baru bisa lihat perbedaannya. Kalo mata awam boleh dibilang hampir sama.
    R 230 X mempunyai droplet Ink 3 pl sehingga walaupun tinta aslinya bukan diperuntukkan tinta pigment tetapi sdh ada beberapa pengguna kasih input ke Saya, kuat juga diisi dengan tinta pigment.
    Kalo ke awetan dibandingkan dgn tinta dye, jelas lebih awet jika menggunakan tinta dye ink Pak. Karena printhead bawaan R 230 X sebenernya di design untk tinta UV/ Tinta dye ink.

    BalasHapus
  31. saya salah satu konsumen anda mau tanya printer saya pake tinta sublim mau ganti pake pigmen atu art paper bisakah bermasalahkah kalo harus dibersihkan dulu bisa ngak saya bawa langsung ke toko anda sekalian ganti tinta?

    BalasHapus
  32. Kalo dari tinta sublim mau diganti pigment/ Art Paper harus dikuras Pak. Kebetulan Saya tidak bisa nguras printer. Bpk bisa nguras head di tempat reparasi printer / tempat infus printer.

    BalasHapus
  33. halo om...kalo mau buat stiker yang tahan air bahan apa ya?? dan bisa di print pake tinta art paper gitu.... saya rencana mau buat stiker buat galon. thanks bantuannya .. :)

    BalasHapus
  34. Hm.... Saya belum main/ coba2 ke bahan stiker Pak. Jadi masih buta n belum tahu.

    BalasHapus
  35. kalo Stiker Vinyl Oracal Glossy yang ada di daftar prodak bapak itu buat apa ya?

    BalasHapus
  36. Itu utk buat stiker2 di mobil, motor, kaca, reklame. Pokoknya buat stiker tapi yang tidak bisa di print Pak.

    BalasHapus
  37. kl epson 1390 itu kira2 cocok gk pake tinta art paper??

    sekalian tanya, jual Masking Tape gk??

    lokasi dimana neh??

    BalasHapus
  38. 1390 bisa diisi dgn tinta art paper hanya harus lebih sering diprint. Minimal 2-3 hari sekali krn 1390 punya picoliternya hanya 1,5. Kita ada jual masking tape baik itu yg tahan panas maupun yg tidak. Lokasi kita ada di Kelapa Gading Permai, Jakarta Utara.

    BalasHapus
  39. saya mw tanya..
    saya memakai printer t13 modif menggunakan pigment ink.
    waktu saya mencetak d kertas hvs atau inkjet paper,hasilnya cukup memuaskan,tetapi waktu saya cetak menggunakan kertas glossy,knpa warnanya cenderung berubah dari warna aslinya,,? apa tinta pigment tdk cocok dgn kertas foto..
    mohon pencerahannya...trm ksh...

    BalasHapus
  40. Coba ganti kertas glossy papernya Pak. Ada kertas glossy paper yg kurang cocok dgn tinta pigment. terutama kertas glossy yg kurang baik mutunya. Sy pernah mengalami hasil seperti itu. Kalo kertas glossy yg baik, warna tetap bagus. Buksn masalah di tintanya Pak, tapi di kertas glossy papernya.

    BalasHapus
  41. Heru
    saya mau tanya ni, kalo printer Epson L100 yang infus tu jenis tintanyanya apa? lalu misal ingin diganti tinta pigment atau sublim bisa gag ya? perlu dikuras jugakah?

    BalasHapus
  42. L 100 itu jenis tinta dye ink. Sehingga tidak tahan terhadap air. Tidak bisa digunakan untuk sablon digital. Kalo diganti, kemungkinan tidak bisa Pak. Karena headnya kemungkinan tidak tahan terhadap tinta pigment/ tinta sublim Beda dgn EPSON seri T, yg mana headnya sudah didesign menggunakan tinta pigment.

    BalasHapus
  43. saya minat dengan paket T13 + tinta pigment .. itu ada garansinya gak karena kan sudah di modif.. saya di palembang.. terus tinta pigment itu bisa untuk sablon digital kaos kan..

    apakah untuk sablon harus menggunakan Virland Inkjet Light Paper dan
    Virland Inkjet Dark Paper..

    apa maksudnya dengan inkjet. apa ini beda dengan tinta pigment?

    Terima kasih..

    BalasHapus
  44. Maksudnya Inkjet yah printer T-13 itu jenisnya printer inkjet Pak. Kan ada jenis Printer Laser.
    Kalo Garansi jelas sudah tidak ada. Jika Bapak ingin ada Garansi, bisa pakai tinta asli EPSON T-13. Tinta asli EPSON T-13 juga jenisnya tinta Pigment yaitu EPSON DURABRITE.
    Sedangkan untuk sablon Digital banyak media yang bisa digunakan Pak. Tidak hanya Virland aja. Banyak media selain Virland yg bisa digunakan dengan mutu yang berbeda2 pula.
    Terima Kasih

    BalasHapus
  45. Kalo canon ix4000 bs di pake utk tinta art paper gk bos,.? krna canon ix4000 sy mau sy pke utk art paper,.

    BalasHapus
  46. art paper sama dengan kertas kingstruk yang buat leaflet dan brosur?

    BalasHapus
  47. kalo setau Saya, Pak. Sampai saat ini hanya printer EPSON seri T dgn tinta original EPSON DURABRITE yg kuat diisi tinta ARt PAPER. UTK merk lain, headnya tidak kuat jika diisi tinta ART PAPER.

    BalasHapus
  48. pak bisa gak ngeprint pake tinta art paper di kertas apa saja dengan kwlitas yang sama?? wawasan saya masih minim nh tentang digita printing... terima kasih...

    BalasHapus
  49. Maksudnya kwalitas sama bagaimana Pak? Kalo nge-print di kertas glossy yah hasilnya lebih mengkilap daripada di kertas matte.

    BalasHapus
  50. slm sejahtera, pak mw tanya,,,
    saya hendak mencetak undangan dgn kertas art paper memakai printer epson, yg ingin saya tanyakan,kertas mana yg hrs saya pilih sewaktu d menu printer??dstu dsebut;
    1.plain paper
    2.epson matte paper
    3.epson ultra glossy
    4.epson premium glossy
    5.epson premium semi gloss
    6.epson glossy
    7.epson photo
    8.envelope

    saya sudah mencoba pake yg(6)glossy tapi hasilnya luntur dan tembus

    terima kasih atas sharing ny:)

    BalasHapus
  51. brarti C90 ga bisa buat art paper ya Pak?
    tp mkin bisa diatasi dg diganti head T11/13/20 krn headnya sama, soalnya berdasarkan pengalaman pemakaian, MB C90 termasuk yg paling bandel...

    BalasHapus
  52. pak mau tanya kalo epson L200 bs ga di pakein tinta artpaper/durabrite?lalu apakah infusnya hrs ttp diganti atau ttp dengan infus orinya?makasih ya pak..

    BalasHapus
  53. Numpang tanya pak. Saya pake epson R230x, tinta dye ink, kalau mau diganti dgn tinta pigment bagaimana proses penggantiannya dan apakah print head nya akan rusak nantinya. trims

    BalasHapus
  54. Menurut pengalaman Saya R230X head cukup kuat walaupun head R230X dibuat bukan untuk tinta pigment. Kalo dari tinta Dye Ink ke Pigment sebenernya cukup tinta dye yang di tabung disedot habis dahulu, lalu tabung diisi penuh dgn tinta pigment, lalu print full color sebanyak 20 lembar. Lembar ke 21 coba di print tunggu 15 menit lalu celupkan ke air kertasnya. Kalo sudah tidak luntur, berarti proses pergantian tintanya selesai. Kalo masih luntur, print lagi sampai hasil print2 nannya tidak luntur Pak.

    BalasHapus
  55. Untuk Pak Business Partnership : Bpk menggunakan tinta apa diatas kertas Art Paper itu. Kalo tinta pigment jelas tidak bisa kering Pak. Bpk harus menggunakan tinta Art Paper. Untuk pilihan kertasnya yang mana aja bisa Pak. Saya sudah mencobanya sendiri tidak luntur koq.

    BalasHapus
  56. Bpk Miftah : C90 kalo seinget Saya tinta aslinya sudah Durabrite.
    Bpk Dimas : L200 ngak bisa Pak diisi dgn tinta pigment/ Art Paper. Karena headnya didesign utk tinta dye ink.

    BalasHapus
  57. Setelah membaca artikel & komentar2 di Blog anda, wawasan saya tentang digital print jadi bertambah. Terima kasih atas sharingnya yang bermanfaat sekali untuk pemula yang terjun ke dunia digital printing.

    BalasHapus
  58. Mau tanya gan,klo untuk cetak undangan atau kartu nama sebaiknya pake printer & tinta apa ya gan?

    BalasHapus
  59. Buat cetak kartu nama atau kartu nama masih bisa menggunakan tinta pigment atau tinta art paper Pak.

    BalasHapus
  60. Saya, menggunakan epson 1390.. pakai tinta art paper, krn mahal sya pengen ganti pigmen premium, apakah bisa? Tidak merusak head, ato pkai tinta apa selain premium tp bisa buat art paper dan ivory. trimaksih

    BalasHapus
  61. saya pengen buat dong, kirim gambar lewat mana ya ? saya mau nyetak tulisan I <3 KATY PERRY

    BalasHapus
  62. mau nanya gan kalo pake epson t11 cetak art paper A4 full colour per lembarnya nyampe berapa menit ? trus apa setting di printer nya harus selalu kualitas best photo ? kalo di setting "text" atau "plain photo" bisa gak ? apa bener gan ada yg bilang pake tinta pigment sebenarnya bisa juga ngeprint di kertas art paper asal setting print nya pake kualitas best photo ? thanks buat pencerahannya gan .

    BalasHapus
  63. Problem Printer : Bpk kalo utk kertas yg lain2 cara penggunaannya Sy kurang begitu mendalamin. Sy hanya lebih mendalamin dalam urusan sablon baju digital ini Pak. Kebetulan kertas transfer paper yg Sy gunakan sangat bagus n cocok menggunakan tinta Art Paper ini Pak. Terima Kasih.

    Ibu Icha : Ibu bisa kirim ke email Sy di suwanto1973@gmail.com. Nanti utk harganya akan Sy balas melalui email. Terima Kasih.

    BM Image : Utk lamanya kurang lebih sekitar 5 - 10 menit Pak. Ngak selalu Pak. Text n Image juga bisa. Hanya kadang dr pabrik EPSON nya bawaannya ada printer yg kalo nyetak disettingan text n image bergaris. Kalo Bpk mengalamin kejadian ini mau ngak mau naikkan menjadi photo atau best photo.
    Jelas ngak bisa kalo sepengetahuan Sy Pak menggunakan tinta pigment di kertas art paper. Tintanya ngak mau kering diatas kertas art paper. Lbh baik Bpk menggunakan tinta art paper Pak kalo di kertas art paper. Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. di artikel bapak diatas bukannya malah menyarankan pake tinta pigment, saya jadi bingung nih pak..?

      Hapus
    2. Jika tidak nge print diatas kertas Art Paper, pake tinta pigment juga tidak apa2 Pak. Bpk coba baca diatas.
      Bpk kan tanya, bisa tidak nge-print diatas kertas Art Paper pake tinta pigment. Jawabannya yah tidak bisa. Tinta pigment tidak akan bisa kering di print diatas kertas Art Paper.

      Hapus
    3. tapi klo tinta pigment dipakai u/ virland inkjet paper & virland TP metalic/gliter tetap bisa pak? thanks atas penjelasannya pak, saya jd tambah wawasan tetang digital sablon & jadi pengen cpat2 jadi "pemain".

      Hapus
    4. Kalo diatas kertas Transfer Paper inkjet yang Sy jual seperti Virland Light, Dark, JPSS, 3G Jet Opaque, TP Metallic, TP Glitter, Sticker Waterproof Vinyl, Glossy Inkjet Photo Paper bisa semua Pak. Tidak masalah.

      Hapus
  64. Mohon informasinya pak. Apakah bisa printer saya Canon IP 2770 bisa digunakan mencetak di art paper setelah saya kuras tintanya dan saya isis dengan tinta art paper? Makasih

    BalasHapus
  65. Bpk Rizki : Printer Canon headnya tdk tahan jika diisi dgn tinta Art Paper. Headnya bisa rusak/ jebol Pak. Ngak kuat. Krn Printer Canon headnya tidak diperuntukkan utk tinta pigment. Berbeda dgn EPSON seri T yg dgn tinta asli Durabrite. Tinta Durabrite itu sebenarnya tinta pigment, sehingga kita isi tinta pigment third party ngak masalah. Sedangkan tinta art paper juga sebenarnya base nya adalah tinta pigment yg diberi ramuan khusus sehingga bisa print diatas kertas art paper. Semoga penjelasan Sy sedikit membantu.

    BalasHapus
  66. Pak, saya masih baru masuk di sablon digital. Saya baru beli printer R230 dengan tinta sublim + hot pressnya. Untuk kertas transfer paper yang awet untuk kaos cotton pake yang mana ya?, dan apakah kalau transfer paper di print dengan dengan tinta sublim gampang luntur?, karena saya pernah beli kaos yang pake sablon digital, tapi dicuci 2x sudah rusak dan gambarnya luntur.. Thanks infonya..

    BalasHapus
  67. Tinta Sublim itu diperuntukkan utk di keramik n bahan2 polyester berwarna putih dan terang Pak. Selain itu bukannya tidak bisa, tetapi pengaplikasiannya ribet n hasil tidak bisa sebagus menggunakan tinta pigment/ tinta art paper di bahan katun. Transfer Paper yg di jual di Indonesia, Sy yakin hampir 100% rata2 diperuntukkan utk digunakan dgn tinta pigment/ tinta art paper. Sy tdk bicara tinta dye ink. Walaupun bisa jg menggunakan tinta dye ink tetapi tinta dye tdk tahan air sehingga baru beberapa kali cuci warna pudar. Saran Sy jika Bpk ingin terjun ke sablon baju digital harus mengganti tintanya Pak atau lebih baik mempunyai 2 printer. 1 utk sublim n 1 utl pigment/ art paper.

    BalasHapus
  68. Kalo saya boleh berbagi, saya lebih suka pake' tinta UV/Pigment.. kalo untuk cetak foto lebih awet dibandingkan dengan art paper, tapi kita juga harus perhatikan kertas apa yang kita pakai.. untuk pigment lebih bagus ke kertas Doff, meski kena air atau panas, dijamin gak bakal luntur. kalo di glossy bisa luntur gan..
    saya sendiri pakai printer epson T30 Dengan tinta UV dan kertas Doff.

    BalasHapus
  69. type print epson yang bgus dan harga print nya untuk transper paper yang mana pak?
    kra" harganya berapa?

    BalasHapus
  70. saya mau tanya pak..
    kalau sejenis bludru itu termasuk bahan cat atau sejenis kain yang pakai hotpress ya,pak???

    BalasHapus
  71. Bpk Exc.Studio.: Tinta UV dgn tinta pigment setahu Sy berbeda Pak. Tinta UV kl di EPSON namanya tinta Claria dipakai di printer T-60, R 230, R 1390. Tinta jenis ini tahan terhadap sinar uv saja tetapi tdk tahan terhadap air. Beda dgn jenis tinta pigment atau kalo di EPSON namanya tinta DURABRITE. Tinta ini tahan terhadap air n sinar UV. Kalo antara tinta pigment n art paper basicnya sama2 pigment hanya tinta art paper diberi formula tambahan agar bisa di print di kertas Art Paper. Tetapi berdasarkan pengalaman Saya print di kertas transfer paper Sy, Tinta Art Paper mempunyai warna yang lebih kuat atau kereng dibandingkan tinta pigment.

    BalasHapus
  72. Bpk Andi : kalo mengenai hasil diantara printer T-13, Tx-110, N T-1100 hampir sama Pak. Hanya kalo soal irit penggunaan tinta menurut Sy T-1100 yg paling irit. Krn setiap tinta habis, T-1100 dpt melanjutkan print setelah tinta diisi. Tdk seperti printer2 uk.A4 yg selalu membuang kertas. Lbh jarang cleaning head sendiri dibandingkan printer2 kecil.

    BalasHapus
  73. Sejenis bludru yg bisa di print adalah Flock Sublimation Pak. Tapi harus di print menggunakan tinta sublim utk pengerjaannya.

    BalasHapus
  74. mau tanya mas klu buat stiker pake printer inkjet canon bisa ga? terus bahan kertas sama tintanya yg bagus menggunakan apa?

    BalasHapus
  75. Saya tidak mahir di bidang stiker Pak. Tapi setau Saya kalo stiker dipakai untuk indoor saja bisa menggunakan printer Canon dengan tinta UV yah Pak. Bukan Tinta Dye Ink.
    Tapi kalo untuk outdoor, lebih baik menggunakan printer EPSON dengan tinta pigment dan atau Art Paper. Tapi selain tinta bahan stiker juga harus yg untuk outdoor kalo tidak percuma saja.
    Paling bagus menggunakan printer Solvent/ Eco-solvent yg tentunya harga printernya fantastis.

    BalasHapus
  76. untuk printer HP Deskjet F2200 bisa diisi tinta pigment tidak? terimakasih.

    BalasHapus
  77. pak, nanya dong...
    kalao mau printing di kertas kraft atau pun di paper bag gitu bagusnya pake tranfer paper(mesin pres kaos) atau printer DTG?
    untuk pilihan tintanya sebaiknya pake jenis apa?

    BalasHapus
  78. Printer yg bisa diisi dgn tinta pigment hanya merk EPSON dgn tinta asli jenis Durabrite Pak.

    BalasHapus
  79. Hmmmm.... kl antara printer DTG n Transfer Paper, Bpk harus survey dahulu Pak. Lihat2 kira2 mana yg cocok utk kebutuhan Bpk. Tetapi kalo Bpk mengutamakan ketajaman gambar maupun font, transfer paper masih lebih bagus daripada DTG.

    BalasHapus
  80. numpang nanya pak,....kalau printer epson stylus Photo T60 bisa pakai tinta pigmen atu tinta art paper gak ya? terus kalau mau ganti dari tinta type korea bisa p gag ya? terima kasih petunjuknya...

    BalasHapus
  81. T -60 sebenernya headnya utk tinta UV, tetapi masih bisa diisi dgn tinta pigment n tinta art paper dgn sedikit perawatan extra. yaitu harus lebih sering di print.

    BalasHapus
  82. mohon info ya pak, jenis epson yang type apa saja pak yang cocok dengan tinta tersebut.....kebetulan juga saya punya usaha jasa pengetikan dan editing gambar/foto...terima kasih.

    BalasHapus
  83. Bpk lihat aja yang di kotaknya printer EPSON ada tulisan DURABRITE itu berarti headnya dibuat untuk tinta pigment Pak.
    Seperti T-13, TX-121, TX-111, TX-110, T-1100, T-11, T-20.

    BalasHapus
  84. bismillah-assalamu'alaikum wr wb...
    salam kenal sy fandi pa...perkenankan sy utk bertanya...
    pa apakah bpk prnh mendengar jenis sablon transfer yg bernama poliflek...ada yg berwarna silver,gold,dll...itu dibuatnya diprint ato gmn??tp sy ktk membeli baju melihat ko ada kertas ky plastik yg menutupi sablonan perak itu ktk sy cabut itu sablon silver yg nempel dibajunya dan kenyal/elastis sprti karet...sy berencana ingin mecoba bwt sendiri...ditunggu pencerahannya...terima kasih sebelumnya semoga apa yg bpk lakukan menjadi sebuah amal soleh dimata alloh...aaammmiiinnn

    BalasHapus
  85. sepertinya yg Bpk maksud mungkin sablon Plastisol Pak. Hanya sablon itu tdk lsg di screen kan ke baju. melainkan melalui mediacplastik yg tahan panas. sehingga jika ada pemesan yg mau dgn gambarvtersebut, tinggal di presskan ke baju.
    sablon jenis ini bukan namanya polyflex Pak.
    Ini memang jg bnyk sedang digunakan di Amerika.

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh plastisol...maaf pak sy awam bgt...klo jenis transver yg nempel di plastik cara penempelannya disetrika itu pake bahan apa y pak?cara pembuatannya diprin ato gmn soalnya sy beli selusin di tmn n warnanya bagus warna perak pak...
      terimakasih pencerahannya pak...

      Hapus
  86. Kalo itu hanya satu warna Pak, perak aja tdk bisa di print. Itu kemungkinan besar menggunakan Flex warna silver atau Metallic. Tetapi kl bisa diwarnai kebanyakkan menggunakan sablon Plastisol.

    BalasHapus
  87. Nanya2 dulu gan yaa,..
    Untuk 3G Jet Opaque
    Letter (Kwarto) 8,5" X 11" = Rp.15.000,-
    Tabloid uk. 11"X17" = Rp.30.000,-
    ini harga perlembar atau perpack..n minta tolong sarannya, printer apa, n memakai tinta apa yang bagus untuk tipe kertas ini, maklum saya pemula... thanks b4..

    BalasHapus
  88. Bpk Poel : Itu harga per lembar Pak. Printer pakai aja T-13 kalo utk ukuran gambar sebesar Letter. Untuk tinta yg bagus dari segi warna n ketahanan bisa menggunakan Tinta Art Paper.
    Dan satu lagi kalo bisa menggunakan mesin press dgn watt diatas 1000 watt.

    BalasHapus
  89. Bos : kalau tinta pigment tahan terhadap sinar UV ga ....

    BalasHapus
  90. Bpk Riel : Tahan Pak. Tinta pigment n Art Paper tahan terhadap air n Sinar UV.

    BalasHapus
  91. Pak, saya ada problem sedikit nih...

    Saya pake printer R230, tinta pigment finest ink, kertas glossy 210 gsm tanpa merk (harga 15rb/pak).

    saya print foto pake settingan:
    - paper = epson premium glossy
    - quality = photo
    - high speed = aktif
    - edge smoothing = aktif

    * Problem = setelah printing, saya diamkan sekitar 15-20 menit. Kenapa tinta masih bisa blobor kalo saya gosok pelan-pelan? Padahal hasilnya bagus, halus, dan tajam.

    dulu saya pake printer T20 dgn settingan sama (hanya paper = epson glossy, bukan epson premium glossy), hasilnya awet sampe sekarang (sudah 2 tahun). Bahkan saya gosok agak kasar masih bagus dan gak blobor.

    Kira-kira kenapa ya pak?
    sudah saya coba pake settingan paper epson ultra glossy, photo paper, epson photo quality ink jet, plain papers, tp hasilnya tetep masih bisa blobor kalo digosok.
    Apa mungkin setttingan saya yg salah ato jenis kertas glossy yg gk cocok di R230.

    Mohon pencerahannya pak...
    Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bpk Avant : kalo itu kemungkinan tintanya Pak. Satu bisa tintanya lama keringnya atau 2 kwalitas tintanya yang kurang baik. Sebenernya dgn setting PLAIN PAPER itu printer sdh nge-print dgn tinta yang sangat irit jadi jika tintanya baik sudah seharusnya dalam 15 menit kering Pak.
      Saya kalo nge-print di Glossy Photo Paper aja menggunakan settingan EPSON PREMIUM GLOSSY, qualitynya Best Photo hasil setelah keluar 15 menit sdh kering sama sekali koq Pak.

      Terima Kasih

      Hapus
    2. Dulu pas pake T20 dgn settingan Epson Glossy dan quality Photo, setelah 5 menit juga langsung kering sama sekali. Saya celup ke air dan saya gosok juga gk masalah. Padahal kertas dan tinta yg saya pake sama persis.

      Ini sudah sktar 5 hari, hasil printing R230 di kertas glossy tetep aja masih ada semburat bekas gosokan jari yg keluar dari gambar ngikut arah gosokan.

      Ato mgkin masalah di spec printer ya?
      Soalnya di T20 ada tulisan "DuraBrite Ink" dan tagline "Water and Smudge Resistant", sementara di R230 gk ada.

      Yg jual printer bilang klo R230 jg bisa pake tinta pigment sama kyk T20. Saya beli di tempat yg sama.

      * info: R230 ngeprint di inkjet paper dan kertas lain gk ada masalah.

      Hapus
    3. Pak Avant : Tulisan Durabright Ink sih sebenernya tinta asli daripada EPSON T-20 adalah tinta Durabright alias pigment. Jadi jika menggunakan tinta pigment bukan asli, headnya masih bisa tahan lama karena khusus dibuat untuk tinta pigment. Kalo R 230 X itu dibuat untuk tinta UV atau kalo di EPSON istilahnya tinta Claria. Jadi kalo diisi tinta pigment harus lebih extra perawatannya. Tetapi kalo soal head sebenernya tidak masalah Pak. Banyak langganan Saya yang memakai printer 1390/ R230 malahan diisi dgn tinta art paper ngak masalah n tinta kering seperti biasa. Coba Bpk lakukan print di kertas HVS dgn settingan PLAIN PAPER diamkan 15 menit lalu siram air. Kalo masih luntur, Saya sih curiga tintanya Pak.

      Hapus
    4. R230 ngeprint di inkjet paper dan kertas lain gk ada masalah. Sudah pernah saya celup ke air dan saya gosok pelan-pelan jg gk ada masalah.
      Klo misal R230 saya ganti pake tinta Art Paper apa perlu dikuras dulu headnya? Caranya gimana? Tinta Art Paper apa juga ada sampe 6 tinta (C, LC, M, LM, Y, K)? Klo R230 sering dipake ngeprint di AP 230 apa gk cepet ngerusak roll?
      Bapak jg jual tinta AP lengkap 6 tinta? Harga berapa per botol? Per botol isi 50 ml, 60 ml, 80 ml, 100 ml, ato 120 ml?

      Terima kasih banyak pak...

      * maaf agak cerewet :)

      Hapus
    5. R 230 diisi dengan tinta Art Paper sebenernya masih bisa Pak. Hanya perlu perawatan yang lebih semisalnya, harus lebih sering di print, printer kalo bisa jangan di off kan. Tinta Art Paper juga tersedia dalam 6 warna Pak. Kalo selama masih 230 gram Saya rasa masih bisa Pak, tidak masalah.
      Untuk Harga kita hanya jual yg 100 ml yaitu Rp.90.000,- / botol. Jika dikirim harganya menjadi Rp.95.000,- / botol Pak.

      Hapus
    6. Klo misal R230 saya ganti pake tinta Art Paper apa perlu dikuras dulu headnya? Caranya gimana?

      Dikirim ke Jombang total berapa utk lengkap 6 warna (C, LC, M, LM, Y, K)?

      Hapus
  92. pa mau tnya nih...klo tinta pigmen bs ngeprint di plastik tranfer g???
    dan hasil print tinta pigmen apa kaya karet ato ngga pa?
    mohon bantuannya

    BalasHapus
  93. Ngak bisa Pak. Plastik Transfer itu khusus untuk diaplikasikan dgn bahan2 sablon manual. Bisa juga dgn printer laser.

    Hasil Print tinta pigment yah seperti hasil printer biasa aja Pak. Hanya ini tintanya tinta pigment. Tahan terhadap air n Sinar UV.

    BalasHapus
  94. Kalau hasil tinta sublim dan tinta biasa ada perbedaannya gak..

    BalasHapus
  95. Pak saya ini bingung pak,dari dulu saya pingin tahu bagaimana cara nempelkan foto diatas kaos,saya pernah coba sablon separasi manual tapi hasilnya gak memuaskan,kini aku baru tahu ada paper transfer,apakah itu? gimana cara kerjanya? mohon dijawab ya pak ya,aku bingung pak,bingung sekali tolong ya pak ya teri
    ma kasih pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bpk Deqiata Zila : mudah Pak. Asal Bpk punya printer dgn tinta pigment atau tinta Art Paper. Tinggal beli Transfer Paper JPSS utk bahan putih atau 3G Jet Opaque bahan warna (Tp harus punya mesin press dgn daya 1000 watt keatas yah Pak).
      Bpk tinggal print di Transfer Paper tersebut lalu tinggal press aja ke baju. Hasil jamin sangat memuaskan.
      Terima Kasih

      Hapus
  96. maish gak ngerti art paper itu seperti apa ya? glosy atau gimana? contoh nya di sekeliling kita apa ya? thanks, baru mau masuk ke sablon digital.

    BalasHapus
  97. Ngak perlu bingung Pak. Sebenarnya Tinta Art Paper pada dasarnya juga tinta pigment yang sudah diformulakan untuk bisa di print diatas kertas yg namanya Art Paper. Kertas Art Paper itu sejenis kertas yang biasanya untuk brosur2 itu Pak. Putih susu mengkilat. Kalo di kertas ini kita menggunakan tinta pigment biasa, tidak mau kering tinta pigmentnya Pak. Beda jika kita Print dengan tinta Art Paper, Print tunggu sebentar juga sdh kering. Maka dari itu dinamakan Tinta Art Paper. Kalo sama2 di print di kertas foto Glossy Paper, Hasil tinta Art Paper lebih mengkilat.

    BalasHapus
  98. Assalamu'alaikum Wr Wb Pak Sjam.
    Perkenalkan saya : Nugroho-di Bogor.
    Saya tertarik dengan Teknologi Sablon Digital.
    Pertama yang ingin saya tanyakan adalah :
    Saya telah ada Printer Epson dan telah dimodifikasi dengan System Infus dengan Merk First Ink.
    Apakah dengan Tinta ini, bisa digunakan untuk Sablon Digital, yang tentu saja melalui Paper Transfer.
    Mohon penjelasannya.
    Terima kasih,
    rgds.
    Nugroho

    BalasHapus
  99. Pak Nugroho : untuk mengetes apakah tinta Bpk bisa digunakan, pertama2 pastikan dulu bahwa tinta Bpk bukan tinta sublim. Kalo sudah, Print di kertas HVS 1 lembar full color. Diamkan 15- 30 menit. Lalu masukkan ke bak yang berisi air. Perhatikan. Jika tinta luntur, sudah jelas tinta Bpk tidak bisa dipakai untuk Sablon baju digital. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Pak Sjam.
      Terima kasih untuk penjelasannya.
      Ternyata memang Tinta yang saya pakai adalah, Jenis Tinta Sublim. Karena setelah saya coba - cara diatas, hasilnya terjadi Luntur.
      Mo tanya lagi, apakah dengan diganti Tinta yang memang untuk Digital Sablon, printer bisa jalan dan tidak terjadi Error ?
      Apakah harus Modif lagi-System Infus yang menag untuk Tinta Digital Sablon ?

      Mohon pencerahannya.
      Terima kasih.
      rgds,
      Nugroho

      Hapus
    2. Sebenernya penggantian dengan tinta sublim lebih riskan jebol headnya dibandingkan dengan tinta pigment OEM Pak. Tinta sublim jauh lebih keras dibandingkan tinta pigment.
      Kalo Saya sarankan lebih bagus menggunakan refillable Cartridge dibandingkan sistem infus Pak. Head jauh lebih awet jika memakai refillable cartridge.

      Hapus
  100. kalau printe epson TX121x di isi tinta art paper bisa nggak pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa Pak. Ngak masalah Printer TX-121 bisa diisi tinta Art Paper. Asal pilih tinta yang bagus yah Pak. Jangan asal murah. Soalnya menyangkut nyawa head nya.

      Hapus
  101. Harga tinta art paper per botol berpa? Lokasi bapak tepatnya dimana? Bisa diantar ke tempat kami? Mohon penjelasannya. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harga tinta Art Paper per botolnya Rp.90.000,- Pak. Tetapi kalo dikirim menjadi Rp.95.000,-. (Karena kita harus mengisi full 1 botol supaya dikocok tidak bunyi untuk mengelabui pihak jasa pelayanan kirim yg tidak mau mengirim barang cairan).
      Lokasi kita ada di Kelapa Gading Permai - Jakarta Utara.
      Samapai saat ini kita tidak terima jasa layanan antar barang Pak.
      Terima Kasih

      Hapus
  102. Asalam pak...
    maw nanya,
    1. Apakah tinta art paper bagus dan awet buat cetak photo?
    2. kertas apakah yang cocok untuk cetak photo dengan tinta art paper?
    3. keunggulan dan kelemahan tinta art paper buat photo?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bpk Areph : 1. Tinta Art Paper dr hasil kl utk cetak photo lebih bagus drpd tinta pigment. Dan jelas awet Pak walaupun tidak dilaminasipun aman terhadap sinar UV n Air.
      2. Kertas Glossy Photo Paper bagus Pak jika dicetak dgn Tinta Art Paper. Kl Bpk mau lihat contohnya bisa ke toko Saya.
      3. Kl keunggulan sdh Sy sebutkan di nomor 1, kl kelemahannya mungkin mahal yah harga per botolnya dibandingkan dgn tinta dye ink.

      Hapus
  103. maaf pak, saya mau tanya,
    1. kalau untuk print diatas fancy paper, cocoknya pakai printer dan tinta jenis apa ya?
    2. silhouette cameonya ready stock atau tidak?

    terima kasih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ibu Dahlia : untuk fancy paper Sy belum pernah coba Bu. Jadi maaf ngak bisa kasih masukkan.

      Silhouette Cameo sampai saat ini ready stok Bu. Hanya utk kepastiannya lebih baik sms aja dulu ke 08176000666. Krn Cameo saat ini banyak yah minat Bu.

      Terima Kasih

      Hapus
  104. salam..
    perkenalkan, nama saya nidya... ada bbrp hal yg ingin sy tanykan sebelum mengganti haluan dari dye ke art paper.

    saya user epson 1390,dan printer ini yg rencananya sy ubah haluannya, yg ingin sy tanyakan:
    1. sy baca2 diatas, selama ini klien bapak yg memakai 1390, msh baik2 saja menggunakan 1390+art paper ink. gimanakah cara merawat head 1390 jika memakai tinta art paper agar head tdk cepat KO ?
    2. cara mengisi tinta art paper jika sebelumnya telah diisi tinta dye
    3. cost tinta utk per lembar a4 full colour berapa?
    4. lokasi sy di mataram, harga utk 6 botol tinta artpaper (C,M,Y,K,LC,LM) yg 100ml kena berapa?

    Trims :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ibu Nidya :

      1390 sebenernya headnya dirancang untuk tinta Dye UV. Jika ingin diisi dengan tinta Art Paper bisa. Hanya butuh perawatan ekstra.

      1. Sebisa mungkin jangan menggunakan infus yang ada botol disamping. Lebih baik menggunakan Refillable Cartridge. Kenapa? karena tinta pigment n tinta Art Paper kalo lama didiamkan akan ada pengendapan. Kalo Ibu menggunakan tabung disamping, itu tinta kan ngak bergerak dalam waktu lama, jadi pasti ada yang mengendap dibawah. Dan kalo Ibu lihat tabung samping selang yang untuk menyedot tinta kan ada dibagian bawah tabung. Jadi sewaktu head minta tinta, yang disedot duluan adalah yang kental ( yang mengedap). Lama kelamaan yang masuk ke head semua yang kental duluan jadi resiko mampetnya sangat besar.
      Berbeda dengan Refillable Cartridge, Asalkan printer dipakai, head bergerak, tinta yang didalam cartridge ikut bergerak jadi seperti dikocok, Jadi tinta selalu tercampur dengan baik. Dan lagi kalo mau isi ulang, botol persediaan kan lama ngak digerakkan, jadi sebelum tinta diisi ulang ke cartridge, kocok dulu botol supaya tinta tercampur dengan baik baru diisikan ke Cartridge.

      2. Kalo bisa printer lebih baik dalam keadaan on.

      3. Karena head 1390 bukan didesign untuk tinta Pigment/ Art Paper sebisa mungkin print minimal 1 lembar full color / hari untuk menjaga tinta tindak mengendap.

      4. Gunakan tinta yang baik. Tinta yang baik tidak berbau (Bau tidak menyengat atau tidak menusuk hidung).

      5. Kalo cost per lembar untuk 1390 Saya tidak pernah coba Bu. Tetapi kalo untuk T 1100 print full color ukuran A4 per lembarnya kurang lebih Rp.900,-.

      6. 6 Tinta berarti Rp.90.000,- X 6 = Rp.540.000,-.

      Terima Kasih.

      Hapus
    2. Trims ya pak utk balasannya. :)

      Hapus
  105. klo sy beli printer modif dibapak itu sitem infus atw refill...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Paket printer yang kita jual menggunakan Refillable Cartridge Pak.

      Hapus
  106. Mas mohon info dan pencerahannya...

    saya pengen beli printer buat sablon kaos, di smping da printer dngan 3 tinta brbeda. trus macem2 kertas or transfer papernya jga bnyak mcemnya. yang ingin ditanyain??
    1. pa perbedaan buat 3 tinta tersebuat untuk digita sablon
    2. kertas or transferpaper pa ja yang cocok buat masing tinta
    3. pa da perbedaan hasil bentukan dari masing2 tinta trsbt ke kaos (kalo liat dari tips2 masing2 penerapannya (teknik)beda, da yang pake print laser, pigment.)
    kao misal pakai sublim hasilnya kayak ablon biasa, kalo pake tinta pigment gambar bisa kayak timbul

    mohon pencerahannya, makasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saran Saya Bpk kalo mau terjun ke bisnis sablon digital dibahan cotton. Lebih baik mulai dgn printer Inkjet dgn tinta pigment atau tinta Art Paper. Cukup satu printer itu aja. Karena Transfer Paper tinta inkjet sudah terbukti hasilnya bagus dan daya tahannya kuat sekali.
      Jangan salah persepsi pakai sublim hasilnya kayak sablon biasa. Itu kalo di bahan yang mengandung polyesternya tinggi. seperti PE, Higet. Ini juga terbatas dibahan putih atau terang saja. Tapi kalo di bahan cotton hasil sama sekali tidak bagus.

      Hapus
    2. klo printer inkjetnya satu tapi kita pakai gantian catridge refill pigmen dan catridge art paper bisa ga pak?

      Hapus
    3. Makasih jawabannya...
      Mohon dikirimi donk proposal or info produk yang dijual ke fjr_kjk@yahoo.com
      oh ya, yang lum di jawab masing2 tinta digunain di kertas or tansfer paper pa ja (sesuai dengan jenis kertas or transfer paper yang dijual)


      mungkin kalo printer inkjet pake catridge CIC bisa diubah2. beli 1set catridge isi tinta pigment, trz 1set lagi isi tinta art paper (mungkin bisa). jadi kalo pas mau pake tinta pigment tinggal masukin catridge tinta pigment. RESIKO : harga catridge CIC mahal, efek pada head print jga (info: catridge CIC di bawahnya ntu da headprintnya atau ngikut printer ntu yang masih belum tau)

      Hapus
    4. Kalo diganti2 begitu jangan Pak. Masalahnya headnya bisa cepat rusak. Karena Tinta Pigment n Tinta Art Paper kandungannya berbeda. Lagian buat apa tinta pigment n Art Paper ditukar2 Pak. Fungsinya juga sama koq. Hanya beda di kwalitas warna. Tinta Art Paper lebih glossy hasilnya dibandingkan tinta pigment. Printer EPSON, headnya semua ada di printernya Pak. Bukan di Cartridgenya.

      Transfer Paper yang untuk printer inkjet semua bisa di print dengan tinta pigment n tinta art paper. Tetapi tidak bisa di print dgn tinta sublim.

      Hapus
  107. mas suwanto saya dedy
    mau tanya, untuk kertas transfer itu dipakai hanya sekali atau bisa berkali2 dipakai?.
    trs yg kedua apakah bisa mesin pres itu diganti memakai setrika, fungsinya kan sama2 memanasi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Transfer Paper hanya satu kali pakai Pak.
      Utk setrikaan ngak mungkin bisa menghasilkan sablon yang baik. Mengapa : 1. Tekanan yang diberikan ke setiap sudut dari pada transfer paper ngak akan mungkin bisa merata jika menggunakan setrika. Karena setrika mempunyai bidang plat panasnya sangat kecil. Sedangkan Transfer Paper butuh panas yang merata n tekanan yang rata disetiap sudut daripada Transfer Paper tersebut.
      2. Karena dari efek yang pertama tadi jelas panas tidak bisa merata karena lem yang ada di transfer paper beraksi jika ada panas. Jadi kalo panas tidak merata, Lem yang satu kena panas yang baik hasilnya nempel dgn maksimal, sedangkan di sudut yang satu berhubung kita sudah capai menekan setrikaan jadi tekanan berkurang, hasilnya lem tidak maksimal merekat.

      Jadi sangat tidak disarankan menggunakan setrika di Transfer Paper.

      Hapus
  108. oia satu lagi, apakah anda buka cabang di daerah malang atau surabaya, klo ada alamatnya dmn?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kita tidak ada cabang Pak. Hanya ada di Jakarta.

      Hapus
  109. Salam Sablon Digital...
    Aku mo nanya nigh gan...
    Aku baru beli Epson R230x beserta dengan tray untuk pencetakan kartu nama. Untuk jenis tinta gak dipermasalahkan amat sih, tapi yang jadi permasalahan sewaktu aku mau mencetak kartu nama menggunakan tray tersebut gak bisa sama sekali, printernya gak mau narik kartu nama tersebut.
    Gimana sih proses pencetakan yang sebenar-benarnya untuk kartu nama menggunakan Epson R230x
    Terima kasih atas bantuan penjelasannya.

    Suskes untuk kita semua...

    BalasHapus
  110. Aduh, ini malah Sy ngak faham Pak. Emang ada tray khusus yah untuk cetak kartunama. Biasanya sih kalo kejadian seperti kertasnya tidak mau tarik, coba dibelakangnya dikasih beberapa lembar kertas/ kartunama yang akan di print. Jadi jangan 1 lembar aja Pak.

    BalasHapus
  111. Salam, Pak sy mw tanya,,,klo printer epson me340 dengan tinta artpaper itu bisa mencetak berapa lembar kertas full color dengan @100ml tinta? misalnya saya dapat pesanan 2 rim, berapa botol tinta artpaper yg saya butuhkan?
    terima kasih,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo ME 340 kurang lebihnya sekitar 350-400 lembar, pasti ada satu warna tinta yang habis satu botol Pak. yg 3 warna lainnya ada rata2 sisa 1/4 botol.

      Hapus
    2. memang bedanya ME32 dengan ME340 apa pak? trus tinta bawaannya jenisnya apa pa, pigmen atw sublim? klo tinta bawaannya sudah habis apa bisa langsung diisi dengan tinta pigmen yang ada dibapak atw harus beli refill catridgenya dulu pak? trims atas jawabannya (maaf banyak tanya krn tertarik tuk buka digital sablon)

      Hapus
    3. Bedanya hanya ME 340 ada scannernya aja Pak. Tinta bawaan dari EPSON ME adalah tinta pigment atau naman dari EPSON yaitu DURABRITE. Untuk pengisian ulang dgn tinta pigmnet harus menggunakan refillable cartridge Pak.

      Hapus
  112. nanya pak, kalo printer lexmark bisa untuk pigment ink atau sublime ??? trima kasih sebelumnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lexmark tidak bisa Pak. Sampai saat ini hanya merk EPSON yang bisa Pak.

      Hapus
  113. saya mau tanya,
    saya punya printer epson T13 dengan tinta sublim dan saya gunakan untuk sablon menggunakan dark transfer paper dan light transfer paper. apakah ini cara yang baik? bagaimana ketahanan hasil sablonannya nanti?

    trima kasih pak. saya barusan beli paket dan ditipu. T_T

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tinta sublim sangat baik jika digunakan untuk bahan yang banyak mengandung Polyesternya tinggi. Seperti PE, Higet (mirip2 baju2 partai). Juga dapat digunakan di bahan keramik. Tetapi jika digunakan untuk di print diatas Transfer Paper tidak bagus Pak.(Sangat tidak bagus). Hasil warna akan pudar n gambarnya akan buram (tidak focus). Karena pada dasarnya transfer paper yang beredar di pasaran Indonesia cocok untuk digunakan dengan tinta dye ink, pigment, n art paper. Berhubung tinta dye ink kelemahannya tidak tahan sinar uv n tidak tahan air, Jadi dipersempit menjadi hanya untuk tinta pigment n tinta art paper.

      Hapus
  114. pa saya punya epson t11 sistem infus tinta sublim klo mau saya ganti tinta pigmen setelah tabung luarnya kosong bisa ga pa? apa harus ganti ke refill cartridge? trims atas pencerahannya pa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih baik dikuras dulu Pak sebelum diisi dengan tinta pigment. Kalo head mau lebih awet lebih baik pakai Refillable Cartridge. Karena sistem tabung disamping lebih baik digunakan hanya untuk tinta dye ink. Tidak cocok untuk pigment, art paper,n sublim.

      Hapus
  115. terima kasih atas jawabannya pak.
    saya mau tanya lagi. kalau ingin membuat huruf, apakah cutting plotter satu-satunya cara? mungkin ada cara yang lain. cutting plotter mahal soalnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngak ada cara lain pak. Kalo mau potong rumit2 hanya cutting plotter satu2nya. kecuali motong huruf2 balok yang mudah2 masih bisa kita akalin pake gunting biasa.

      Hapus
  116. saat ini saya beralih ke dunia sablon printing kaos,.dari coment pertama sampai akhir ilmunya gak dapat di campuz,.
    jujur saya dpt ilmu print out sablon printing disini,.

    saya mau tanya pak,
    1.print T13 saya yg baru tintanya yg di infus dibuang dulu yach kalo dganti tinta pigment,.
    apa ganti infus sekalian??

    2.ada link video step by step cara print ke kertas sampai penyablonan ke kaos.

    3.kertas transfer yg cocok jenis apa pak.

    trims.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebelumnya menggunakan tinta apa Pak? Kalo tinta sublim lebih baik dikuras dulu sebelum beralih ke tinta pigment. Kalo dari tinta dye ink, langsung ditimpa ngak masalah tetapi harus tunggu tinggal sedikit sekali yah tintanya Pak.

      Kalo video tentang caranya, di youtube banyak Pak. Video2 org2 luar negeri.

      Untuk kertas yang ekonomi bisa pake Virland Light n Virland Dark. Sedangkan yang kwalitas no.1 bisa menggunakan JPSS n 3G Jet Opaque.

      Hapus
  117. pak klo mo buat brosur pakai tinta pigmen bgusnya dikertas apa pa? kan ga bisa pake art paper, thank!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya kan buat brosur diatas kertas Art Paper Pak. Jadi pake tintanya yah tinta Art Paper. Kalo tinta pigment ngak akan kering diatas kertas art paper.

      Hapus
  118. JPPS dan #G cocok untuk digunakan tinta apa kalau kita ingin sablon kaos?

    BalasHapus
    Balasan
    1. JPSS n 3G bisa menggunakan tinta pigment atau tinta art paper.

      Hapus
  119. tinta art paper kan ada 6 warna, sedangkan printer saya hanya 4 warna CMYK. bagaimana solusinya pak?

    trim's

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bpk cukup beli CMYK nya saja. Yang LC n LM ngak usah dibeli.

      Hapus
  120. boss mau tanya dong..
    kalo misalkan bahan sticker viniyl di banding polyflex bagusan mana ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Upsss beda penggunaan Pak. Sticker Vinyl itu bukan utk di baju. Tapi untuk sticker pada umumnya aja. Kalo Flex baru untuk di aplikasikan ke baju Pak.

      Hapus
  121. gan.. mo belajar buat stiker pake printer 1390. gimana caranya.. saya pemula...(nnasir35@yahoo.com)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bikin sticker mudah koq Pak. Asalkan printer Bpk sudah diisi dgn tinta pigment atau tinta art paper.
      Tinggal design, Print diatas White Waterproof Vinyl, trimming sesuai bentuk yang dimau. Selesai. Kalo mau untuk lebih awet diluar ruangan bisa dilaminasi dengan Oracal 651 bening. Boleh Doff/ Glossy.
      Waktu laminasi juga mudah koq, hampir tidak ada bubblenya sama sekali walaupun dgn cara yang paling manual atau sederhana.

      Hapus
  122. PAK JURAGAN,SY MAU MINTA LANGKAH2 BUAT MENEKUNI BIDANG SABLON KAOS DONG.SY TERTARIK SETELAH MEMBACA TULISAN DARI ATAS TADI.KALO BISA STEP BY STEP DEH... TOLONG DIBANTU YA...

    trimakasih.sukses

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo Sy bilang untuk menekuni Sablon baju digital langkah pertama yang harus dilakukan adalah memiliki peralatan yang benar. Karena dengan memiliki peralatan yang benar, Bpk tidak akan menyesal dikemudian hari. Dan juga perkerjaan menyablon jadi lebih mudah dan menyenangkan. Tidak frustasi karena kegagalan dan kegagalan terus.

      Hapus
  123. mohon info untuk printer yang bagus untuk penggunaan tinta art paper dan (harga tempat dan pembeliannya)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Printer yang bisa digunakan untuk diisi dengan tinta Art Paper adalah printer EPSON dgn tinta bawaan seri DURABRITE. Printer jenis ini lebih kuat dan tahan lama jika diisi dengan tinta Art Paper.
      Contoh : EPSON T-11, T-20, T-13, ME 32, ME 340, TX-111, TX-110, T-1100 untuk seri A3

      Hapus
  124. saya mau beli kertas transfer 3G. caranya gmn? saya ada di surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sms aja Pak ke 08176000666. nanti akan Kita balas rincian + Ongkirnya. Lalu Bpk tinggal transfer. Jika Transfer sebelum jam 3 sore, pesanan hari itu juga Kita kirim via JNE.
      Terima Kasih

      Hapus
  125. TRIMAKASIH PAK ATS SARANNYA,KALI INI SY BARU ADA EPSON R230 DENGAN DYE INK,APAKH BISA UNTUK SABLON DIGITAL?.....

    trimakasih.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo tinta dye dpt dipastikan akan cepat pudar dalam 1-3 kali cuci Pak. Krn sifat tinta dye tidak tahan sinar uv n air.

      Hapus
  126. OW BEGITU.KALAU PRINTERNYA MENGGUNAKAN JENIS EPSON ME BGAIMANA KUALITASNYA PAK???KUALITAS PRINTER SAMA HASILNYA BGMNA?TOLONG DIBANTU YA.....

    trimakasih....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pake EPSON ME 32 juga sudah bagus Pak. Secara warna antara 6 tinta n 4 tinta kalo sudah di press hampir2 sama. ngak ada perbedaan yang mencolok.

      Hapus
  127. pak, saya mau sablon gambar. tap warnanya seperti lukisa. jd model warnanya dr tebal trs menipis (seperti gambar asap). kalau gambra seperti itu bagaimna teknik cutting stickernya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo untuk di bahan putih ngak masalah. Tapi kalo untuk di bahan warna, susah yah Pak. Harus dibingkaiin baru dapat. Tetapi kalo garadasinya dari gambar ke warna baju ngak bisa. Kalo gradasi tetapi masih ada outline atau bingkai, ngak masalah.

      Hapus
    2. iy sih harus dibingkai br bisa.

      kertas 3G opaque kalau dilipat, atau diperas saat cuci bisa bertahan g? soalnya saya punya kertas transfer dan kertas itu meninggalkan bekas saat dilipat. saya bisa membayangkan pasti akan rusak kalau diperas saat cuci.

      Hapus
    3. Kalo diperas disablonannya jelas ngak bisa Pak. Dimana2 sablon yg menggunakan Transfer Paper anti namannya di peras. Kalo masuk mesin cuci no problem. Kalo 3G memang setelah dicuci ada lipatan2 di sablonannya tetapi setelah disetrika, boleh dalam keadaan baju dibalik atau ditutup dengan sapu tangan, lipatan itu akan hilang dan sablonan mulus kembali.

      Hapus
  128. trimakasih pak.infonya sangat membantu.

    BalasHapus
  129. pak saya mau tanya. saya pakai kertas transfer biasa. setelah saya pakai ke kaos dan kaos itu saya cuci, sablonan pada kaos itu mengkerut dan setelah saya seterika sablonan itu tetap mengkerut. apa yg salah dr kasus ini pak?

    makasih bapak. ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa jadi pada waktu mau mengaplikasikan Transfer Paper ke kaos, kaos blm dipanaskan atau kalo sdh dipanaskan, kurang lama dipanaskannya. Jd bahan kaos blm kering betul sehingga lem drpd Transfer Paper tdk lengket dgn maksimal. sehingga pada waktu dicuci jadi yg tdk ada lemnya lepas yg menyebsbkan mengkerut. Juga bisa baju stlh disablon tdk menunggu 1 x 24 jam didiamkan, tetapi lsg dicuci.

      Hapus
  130. kalau tinta pigment di print di kertas art paper
    bisa gak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tinta Pigment tdk bisa di print diatas kertas Art Paper Pak. Tdk akan kering tintanya.
      Kl mau print diatas kertas Art Paper hrs menggunakan tinta Art Paper.

      Hapus
  131. pak klo mesin press yang bapak jual plat bawahnya goyang tidak pa? soalnya saya punya mesin press buatan cina, plat bawahnya goyang pas saya tanya sama yang jual katanya memang begitu. mohon dibantu pak,thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mesin Press yang kita jual plat bawahnya tidak goyang Pak.

      Hapus
  132. Ass.. Pak saya lagi nyoba usaha cetak foto pakek epson 1390 (A3)Infus. selama ini saya pakek tinta asli dari epson, memang hasil lumayan, tapi dalam waktu beberapa bulan warna pudar, kertas saya pakek yang di pasaran. saya minta tolong masukanya tentang hal tersebut. sekalian tafsiran harga seandainya saya hendak beralih tinta atau kertas. terusterang saya dana ngebagi dengan biaya kuliah, trimakasih sbelumnya. mungkin bisa tolong di email ke an.nurs9n@gmail.com salam sukses selalu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tinta asli 1390 sebenernya sdh tahan terhadap Sinar UV, hanya tdk tahan terhadap air. Tetapi Jika Bpk mau lebih tahan terhadap sinar UV n Tahan air bisa menggunakan tinta pigment atau tinta art paper.
      Hanya mungkin utk perawatan harus sedikit ekstra mengingat pl dr 1390 sngt kecil yaitu 1,5. Sehingga kalo bisa waktu menggunakan tinta pigment, sebisa mungkin memakai refillable cartridge dan printer harus on setiap hari n kl bisa usahakan di print 1-2 hari sekali.

      Hapus
  133. saya mau usaha sablon. menurut bapak, cara sablon bagaimana yg terbaik dan awet?

    trims bapaknya ^^

    <3

    BalasHapus
    Balasan
    1. kl bicara awet, jelas sablon manual lebih awet Pak. kl bicara terbaik, masing2 sistem penyablonan ada plus n minusnya. seumpama sablon manual, kan tdk mungkin bikin satu baju dgn design 24 warna hanya dlm 2 jam. Tetapi di sablon baju digital itu bisa dikerjakan. yg terbaik adalah gabungan dari keduanya. Jika terima dlm jumlah sedikit bisa lari ke sablon digital, sedangkan dlm jumlah bnyk bisa menggunakan sablon manual.

      Hapus
    2. hmm bgtu y pak.. makasih infonya ^^

      aq masih penasaran nih. klo sablon manual, gmn caranya bikin gambar yang warnanya tuh seperti bayangan? jd ada warna yg tebal terus menipis.

      Hapus
  134. Pak saya lagi memulai cetak foto pakai epson R230 Infus.selama ini saya memekai tinta b**ep*int, memang hasil lumayan, tapi dalam waktu beberapa bulan warna pudar, kertas saya pakai dipasaran merk yang sama dgan tinta. saya minta tolong masukanya tentang hal tersebut.apkh sy harus beralih tinta atau kertas,atau saya harus bagaimana.terusterang saya dana ngepres banget sama kantong,trimakasih sbelumnya.
    by:PRASETYO di semarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bpk bisa mulai dgn beli di tempat Bpk beli tinta tetapi minta jenis pigment.
      Memang kl ditaruh diluar ruangan dan kena matahari terus menerus 12 jam sehari, tinta jenis apapun pasti akan mengalami perubahan warna. Jika memang ditaruh di luar ruangan atau sering terkena sinar matahari, Bpk bisa laminasi dgn sticker Oracal 651 bening bisa glossy, bisa matte. Hasil warna akan lebih tahan lama.

      Hapus
    2. kalau dilaminasi sticker tersebut apakah ada alat tambahan lagi pak?trus kalau ganti tinta pigment tidak merusak printer R230nya pak?trimaksh

      Hapus
    3. kl Sy waktu laminasi ngak perlu alat tambahan Pak. Secara manual saja, dgn bantuan karton tebal. kl printer R230 bisa ikutin cara Sy tips merawat printer yg br Sy post. Hanya waktu print nya menjadi 1-2 hari sekali. Dan hindari penggunaan tabung samping.

      Hapus
  135. pak, flex putih itu bisa diprint kah?

    BalasHapus
  136. Flex putih tdk bisa di print. yg bisa adalah Printable Flex. Printable Flex dasarnya juga Putih Pak.

    BalasHapus
  137. Pak rencana saya mau cetak gambar di kertas hvs pake print cannon tapi harus pake tinta yang tidak meluber...

    tinda apa yang di pake pada prin cannon ip2770

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu Saya Canon tidak membuat printer yang Low End untuk tinta pigment Pak. Jadi kalo seperti printer yg Bpk punya tidak bisa Pak. Hanya EPSON yg membuat printer low end nya bisa untuk tinta pigment.

      Hapus
  138. pak suwanto mau bertnaya pak, sy sdh 1 tahun cetak foto, namun sy malu sm pelnggan krn, stlh 2-3 bulan warnanya pudar, bisa di rekomendasikan pake:
    1. tinta merek apa yang tahan lama dan tidak pudar dan tinta jenis apa?. .
    2. sy slm ini pake tinta Ak*n*, bnyak teman yang nyaranin pake tinta Bl*e Pr*nt, katanya tahan lama.sy survey di toko tinta apakah tinta pigment itu sama semua, misalnya hanya khusus untuk ID card, tp bukan untuk kertas photo ada juga sebaliknya? tolong di respon pak, sy snngat malu melihat hasil cetakan print saya cepat pudar, , sy pake tinta R230X. .trmksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo untuk cetak foto sebenernya minimal harus menggunakan jenis tinta DYE UV. Maksudnya ada UV ini supaya jika terkena cahaya yang menggandung sinar UV warnanya tidak pudar. Jika Bpk hanya menggunakan jenis tinta DYE tanpa embel2 UV, jenis tinta ini tidak tahan sinar yang mengandung UV.
      Kalo bisa sih menggunakan tinta jenis PIGMENT Pak. Jamin kekuatan warnanya jauh lebih kuat n tahan lama. Kalo yang namanya Tinta pigment sih seharusnya jenisnya sama hanya kwalitasnya yang beda. Ada yg bagus n yg kurang bagus. Tapi pada prinsipnya tinta pigment itu tahan terhadap sinar UV n Tahan terhadap air.
      Dan bila foto itu dipajang sering terkena sinar matahari atau cahaya lampu yang terang sekali disarankan menggunakan laminasi dengan sticker ORACAL 651 bening. Krn Sticker ini dapat melindungi foto dari cahaya sinar UV.

      Hapus
    2. trimaksh pak suwanto, klo tinta pigment biasanya dia cocknya print di kertas tipe apa pak? pakah yang licin atau yg agak kasr, klo kertas fuji gimana pak cocok tidak?

      Hapus
    3. pak klo tinta pigment cocok nya di kertas apa ya?

      Hapus