Jumat, 14 Agustus 2009

Sedikit Pemberitahuan Bagi Pengguna JPSS (Jet Pro Soft Stretch)

Jika Anda pernah menggunakan, ato pengguna setia JPSS (Jet Pro Soft Stretch), pasti pernah mengalami kegagalan dalam mentransfer hasil sablonan Anda ( Kadang kurang sempurna ). Istilahnya bikin gregetan gitu. Atau yang sering mengalami kadang bisa bagus hasilnya, koq kadang bisa kurang tertransfer dgn sempurna. ( Terutama jika Anda sedang mendapat order banyak )

JPSS (Jet Pro Soft Stretch) ini supaya dapat menempel dengan sempurna membutuhkan panas yg tinggi ( tentu saja tdk sampai gosong kainnya) & tekanan / Press yg bener2 kuat. Ini syarat utama. Selain itu, sebelum Anda mentransfer Sablonan ke kaos, Anda juga harus menghilangkan lembab yang ada di Kaos tersebut. Dengan cara memanaskan kaos tersebut selama 5-7 detik. Supaya bagian yang akan disablon bener2 kering dan lapisan polymer dari JPSS dapat menempel dengan sempurna.

Ini kejadian sering dialami oleh pelanggan saya, yang menanyakan kenapa kalo saya mencetak baju banyak menggunakan JPSS kadang ada yang bagus berhasil tetapi ada yang kurang tertransfer dengan sempurna. Setelah saya pelajari, kebanyakan dari kita menggunakan mesin China / lokal yang mempunyai panas di platenya tidak merata. Apalagi bagi Anda yang menggunakan Heat press dengan watt kecil. Dibawah 1000 watt. Mesin China/ lokal utk mencapai panas yang merata keseluruh Platenya membutuhkan waktu lebih lama. Jangan dikira suhu di display menunjukkan 200 derajat berarti panas di plate sudah merata semua 200 derajat. Mungkin yang panasnya sampai 200 derajat itu ada dibagian tengah aja, sedangkan sebelah2nya belum mencapai suhu tersebut. Jadi Anda harus sabar menunggu sekitar 30-1 menit, tergantung kekuatan watt di mesin Anda.

Jadi kalo Anda mencetak banyak setelah mencetak kaos pertama dengan hasil bagus, kasih jeda waktu 30 detik -1 menit utk mencetak kaos yang kedua. Jangan buru2 langsung mencetak kaos yang kedua dalam hitungan detik. Karena jika itu yang Anda lakukan kemungkinan gagal kaos yang kedua besar sekali. Karena Panas di plate mesin kita ada yang pindah ke kaos yang kita press pertama tadi sehingga panas Plate kita akan turun sedikit.

Nah ini sedikit tips supaya Anda tidak mengalami kejadian seperti itu lagi.

4 komentar:

  1. Untuk Mesin Press, ukuran watt nya berapa yang paling kecil. Soalnya saya mau pake di rumah, Litriknya hanyaa 900. Kira-kira bisa gak?? kalau pake setrika ada tips-tips nya??

    BalasHapus
  2. Kalo pake strika bisa di kertas Inkjet Opaque Pak. Hanya daya tahan sedikit berkurang dibandingkan dgn Heat Press. KAlo utk JPSS, tidak bisa pake strikaan.
    Tips2nya ada kalo pake strika di Inkjet Opaque. Tp lebih baik Bpk mampir ke tempat sy supaya sy bisa menjelaskan lebih detail ke Bpk. Terima Kasih

    BalasHapus
  3. brp derajat sedikitnya bisa di perjelas

    BalasHapus