Jumat, 14 Agustus 2009

Step By Step Gabungan Inkjet Opaque Dgn Rhinestones

Kebetulan saya ada pesanan yang meminta Coastal Inkjet Opaque digabung dengan Rhinestone. Jadi sekalian ngerjain, sekalian posting di blog ini. Siapa tahu bisa jadi inspirasi Anda yang juga sedang mau coba2 bikin yang kayak beginian.

Pertama2 saya disain di komputer. Tahap ini tidak saya foto karena semua pasti sudah bisa. Hanya ini sedikit menunjukkan cara design Rhinestonesnya. Print di Mirror. Lalu Masking tape ditaruh diatasnya. Yang ada lemnya menghadap kita. lalu susun Rhinestonenya mengikuti pola yang kita mau. Ini hasilnya sudah selesai.

Lalu saya cabut pola contohnya. Hasil akhirnya seperti ini :

Selanjutnya panaskan kaos yang akan kita sablon selama 5 - 7 detik untuk menghilangkan lembab di kaosnya. Supaya transfer papernya dapat menempel dengan baik.

Lalu setting sablonan diatas baju. Saya biasa setting tidak dibawah panas mesin heat press. Ngak tahan panasnya. Dan kadang ngak presisi letaknya di tengah. Beda kalo kita setting dibawah begini karena kita bisa melihat dengan jelas.

Lalu tutup transfer papernya dengan backing paper yg ada garis biru2. lalu gunakan masking tape yg dipotong kecil2 utk supaya tidak berubah letaknya di baju.

Bawah ke mesin Heat Press. Press selama 190 derajat - 200 derajat dengan tekanan sedang selama 25 - 30 detik. Selesai. Ini hasilnya.

Setelah jadi dilihat kayaknya sedikit kurang. Saya ingin dilangitnya ada sedikit mengkilat2 seperti bintang gitu. Jadi Saya taruh bajunya di mesin heat press, lalu Saya taruh rhinestone diatas sablonan yang sudah jadi. Sebenernya bisa menggunakan masking tape untuk menyusun rhinestonenya tapi karena dari pertama saya menggunakan Backing paper dari Inkjet opaque sehingga hasil akhirnya mengkilap, kalo saya pake masking tape, Hasil akhirnya nanti bisa nge-doff. Karena saya tidak mau hasil nge-doff jadi saya susun dideket mesin hest press lalu saya tutup dengan backing papernya sekali lagi. Lalu Press dengan suhu 160 derajat selama 5-15 detik dengan tekanan sedang.

Ditutup sekali lagi dengan Backing Paper dari Inkjet Opaque supaya hasil akhirnya tetap mengkilat.

Press dengan suhu 160 derajat selama 5-15 detik dengan tekanan sedang. Setelah selesai tunggu dingin, lalu buka backing papernya. Selesai. Bagus ngak?

Saya membuat 2 set untuk baju ini. Dan satu sudah dibeli oleh konsumen saya dengan harga Rp.75.000,-.  Waktu yang digunakan untuk membuat baju ini selama 1,5 jam.

3 komentar:

  1. rhinestone itu disusun satu satu ya>?

    BalasHapus
  2. masking tapenya yg dipakai untuk nempelin rhinestonenya ngga ikut leleh dan nempel ke kaos ya?

    BalasHapus
  3. Penjual Mesin pemasang Rhinestone. Ada 2 Jenis : yang Full Computer Control System dan yang Semi Automatic.
    Lebih lanjut dapat dilihat di:
    http://www.takumpu.com/product.php?category=39
    atau
    www.takumpu-group.indonetwork.co.id

    BalasHapus