Senin, 21 Desember 2009

Sedikit TIPS lagi untuk pengguna JPSS n Techni-Print

Ini Sedikit TIPS untuk pengguna JPSS & Techni-Print

Setelah sering mendengar keluhan2 tentang hasil JPSS yg kurang sempurna, berbulu, lengket di kaos kertasnya & tidak konsisten hasilnya (kadang bagus, kadang jelek). Saya disini akan memberikan sedikit TIPS yg saya temukan dikejadian2 tersebut. Karena JPSS ini sangat membutuhkan panas yg tinggi serta stabil utk menghasilkan hasil sablon yg baik.

Sebelumnya saya kasih ciri2 kegagalan yg banyak saya terima dari keluhan para pengguna JPSS :

1. Kertas yg ada tulisan JPSS nya lengket di kaos. Jika Anda mengalami kejadian seperti ini, berarti Anda nge-press kertas transfer JPSS nya sangat kurang panas. Coba naikkan derajatnya lebih tinggi lagi. Kurang lebih 10 - 20 derajat. Lalu liat hasilnya lagi.

2. Kertas JPSS waktu dikelet panas2 berbulu sekali. Jika Anda mengalami kejadian seperti ini berarti panas yg anda setting sudah hampir benar. Naikkan sedikit lagi derajatnya sekitar 1 - 5 derajat. Lalu lihat lagi hasilnya.

3. Hasil yg didapat kadang bagus n kadang jelek. Ini juga pernah saya alami sampai frustasi. Pertama2 coba dgn menunggu 20-30 detik setelah mesin mencapai derajat yg dimau. Ini supaya panasnya lebih merata ke seluruh plat heat press. Kalo ini juga masih belum berhasil (Hasil masih inkonsisten). Satu2nya cara pake Stabiliser. Ini seperti kejadian yg saya alami. Listrik ditempat saya tidak bagus. Kadang2 bisa turun. Kita kadang tidak bisa bilang listrik di tempat kita selalu stabil, karena kestabilan arus listrik sangat dibutuhkan mesin heat press utk menghasilkan panas yg konsisten.

4. Kalo hasil yg didapat sablonnya bagus tapi kaos yg dipress sedikit gosong(rada kekuning2an) berarti derajat yg Bpk dapat sudah benar hanya detik yg Bpk set sedikit kelamaan. Kurangin aja detiknya sedikit demi sedikit sampai dapat hasil kaos tidak gosong lagi. Tapi ini juga ngak bisa terlalu jauh nguranginnya. Kalo sampai beda 5 detik berarti ada yg ngak benar di tekanannya.( Tekananya terlalu kencang sekali). Jadi coba kembalikan detiknya ke semula yg Bpk Dpt, tetapi kali ini tekanannya sedikit dikurangin. (Coba2 aja disekitar lamanya detik dan tekanannya, pasti ketemu deh kalo sudah begini).

Nah, hasil sablon JPSS yg benar memang sedikit berbulu kalo dirasakan dengan tangan. Tapi dalam arti bukan berbulu yg masih terlihat putih2 begitu(kalo ini kurang panas sedikit nge-pressnya). Istilah org Barat namanya Soft Hand. Sedikit Berbulu halus jadi kalo diraba dengan jari kita terasa sedikit kasar. Untuk mengakali hasilnya mau halus kalo diraba dengan jari kita, ini ada sedikit trik yg bisa Anda gunakan. Ambil Teflon Sheet, letakkan diatas sablon yg akan dibuat halus. Ambil strika setting panas ke paling tinggi, biarkan 3 menit supaya panas merata di strikaannya. Lalu strika sablon dengan ditatakin lapisan Teflon sheet tadi. Ngak usah lama2 hanya 30 detik - 1 menit. Dan juga jangan di tekan keras2. Santai aja gosoknya asal merata seluruh sablon. Selesai langsung kelet aja dalam keadaan hangat. Pasti hasil sablon JPSS Anda sekarang terasa halus jika diraba.

Ini sedikit TIPS yg bisa saya berikan supaya Anda2 ada patokan jika mengalami kejadian seperti diatas.

7 komentar:

  1. salut buat bos Suwanto..
    ga pelit sama ilmu & pengalaman, jarang nih yg kaya bgini.
    mau tny dikit aja, biasanya pelanggan si bos yg bikin kaos pake katun combed trus pake print digital, dijual di kisaran brp? soalnya klo dihitung kasar, harga dasar satuannya bisa nyampe 35rb. makasih buat jawabannya

    BalasHapus
  2. Suwanto Sjamsuddin5 Januari 2010 21.27

    Untuk harga jual bervariasi Pak. Tergantung mudah/ susahnya design yg dikerjakan. Tetapi rata2 utk harga jual berkisar di Rp.55.000,- - Rp.85.000,-. untuk ukuran baju L n XL. Kalo design hanya kotak saja yah bisa dijual dengan harga murah, sedangkan design yg harus di cutting dan ribet lagi pengerjaannya bisa kita charge lebih tinggi lagi.

    Situasi tempat Bpk jualan juga mempengaruhi. Adakalanya di tempat kita berjualan bisa di mark up sampai 2x lipat dari harga modal, ada juga yg biar untung sedikit juga susah menjualnya.

    Terima Kasih.

    BalasHapus
  3. wah mantap gan...
    sukses selalu ya

    BalasHapus
  4. ketahanan berapa lama ni bos :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jet Pro Soft Stretch ketahanannya boleh dibilang hampir setara dgn sablon manual Pak. Syaratnya asal jangan disetrika atau dikucek di sablonannya.

      Hapus
  5. untuk menghaluskannya apakah disetrika saat setelah dipress ? sy barusan coba tapi setelah sekitar 7 jam baru sy setrika pake cara bpk tapi ttp kasar pak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hasil Sablon JPSS memang kasar saat diraba, itu normal. Dan akan halus setelah dicuci sekitar 5 kali cuci. Tetapi ada cara untuk supaya hasil sablon JPSS bisa halus. Caranya pake Teflon Sheet. Setelah hot Peel dilakukan n di stretch sablonnya, press sekali lagi dengan ditutup Teflon Sheet selama 5 detik aja.
      Hasil sablon kalo diraba pasti halus.

      Hapus