Selasa, 08 Maret 2011

Step By Step Coastal Inkjet Opaque / 3G Jet Opaque

Step By Step Coastal Inkjet Opaque / 3G Jet Opaque.

Disini Saya ingin mencoba sekali lagi memberikan step by step menggunakan Coastal Inkjet Opaque / 3G Jet Opaque. Karena banyaknya pertanyaan cara penggunaan Coastal / 3G.
Di Tutorial step by step ini sekali lagi Saya coba mencontohkan sedetail mungkin supaya para jurangan2 sekalian bisa faham cara penggunaannya. Tapi ini juga bukan petunjuk yang baku, mungkin juga ada cara lain yang lebih bagus. Tetapi Saya coba mencontohkan yang paling dasar aja cara penggunaan Coastal / 3G. Sebelumnya Juragan harus mengikuti cara settingan mesin press yang sudah Saya post sebelumnya.

1. Ini adalah contoh transfer paper Coastal Inkjet Opaque. Ciri2 transfer paper Coastal Inkjet Opaque yaitu dibelakangnya ada garis kotak2 berwarna biru.


2. Print kertas Coastal dengan settingan di printer untuk Jenis kertas PLAIN PAPER lalu untuk qualitynya : lebih baik menggunakan PHOTO. Tetapi pake BEST PHOTO juga bisa. Hanya untuk beberapa kasus dengan tinta yg kurang baik terjadi kasus luntur. Jika nanti hasil print kurang bright menurut jurangan, bisa dilakukan print 2 kali. Contoh yang Sy tampilkan ini, di print 2 kali.




3. Lalu , ini penting. Gambar yang sudah di print harus digunting/ ditrim yang tidak mau ditampilkan di kaos nantinya. Trim/ Gunting serapi2 nya. Kalo punya mesin cutting yang bisa countour cut bisa menggunakan mesin tersebut untuk nge-trim/ mengguntingnya.


5. Panaskan dahulu kaos yang ingin disablon. Selain nanti bagian yang mau disablon rapi, juga supaya kaos yang mau disablon tidak lembab ( Tidak mengandung air kaosnya ). Supaya benar2 kering, sehingga sablonan akan menempel dengan sempurna.


6. Setelah dipanaskan, sekarang saatnya mengatur tata letak gambar yang akan disablon. Untuk mengatur tata letaknya, Juragan tidak perlu mengatur dibawah plat mesin press yang panas tersebut. Taruh aja kaos yang akan disablon di meja, atur tata letak gambar di kaos yang akan disablon. Setelah itu, tutupi gambar yang akan disablon dengan Silicon Sheet. Lalu dengan menggunakan setrikaan, Setrika sebentar gambar yang tadi sudah diatur. Nah, sudah. Gambar sudah tidak akan bergerak lagi.



7. Setelah gambar disetrika sebentar da sudah tidak bergerak lagi, baru kita bawah menuju mesin heat press. Sebelum di press, tutupi sablon sekali lagi dengan Silicon Sheet. Setelah itu Press dengan suhu 175 derajat selama 15 detik. Tunggu sampai alarm bunyi.


8. Setelah Alarm bunyi, angkat tuas perlahan2.( Jangan dibuka dengan cepat). Kenapa? ini untuk memperkecil hasil sablonan ujung2nya terangkat. Lalu baju jangan diangkat dahulu, diamkan selama 10-15 detik, baru angkat perlahan2 dari mesin press. Ini juga dilakukan supaya memperkecil ujung2 dari hasil sablon ngak nempel maksimal. Setelah Baju ditaruh dimeja, biarkan dahulu sampai dingin.


9. Setelah dingin, baru Silicon Sheet baru boleh dikelet. Hasil kurang lebih harus seperti yang tertera digambar. Hasil sablonan hampir menyatu dengan bahan. Kalo dilihat dari dekat, hasil sablonan terlihat tekstur garis2 dari serat kaosnya.




10. Hasil sablonan baju, setelah ditambah sedikit dengan Flex Glitter.



Semoga sedikit tutorial step by step ini dapat menolong juragan2 sekalian.

NB : Lebih baik setelah selesai, di press sekali lagi dengan suhu dan waktu yang sama.




17 komentar:

  1. Pak Suwanto, saya mau tanya bedanya kertas tranfer Coastal Inkjet Opaque dengan 3G Jet Opaque juga dengan tranfer paper image clip?
    trima kasih sebelumnya.
    -mikhael-

    BalasHapus
  2. Tanya lagi Pak Suwanto...:)
    Kalo print di bahan Flex Printable bisa gunakan tinta pigment virginia Island...Kalo bisa ada sample gambarnya pa?

    trima kasih sebelumnya.
    -mikhael-

    BalasHapus
  3. Image Clip itu istilah daripada Transfer Paper Self Weeding. Artinya Transfer Paper tersebut tidak udah di Cutting/ Di trim seperti yang biasa kita lakukan pada transfer paper seperti Coastal/ 3G. Dengan process 2 kali kerja, bagian yang tidak mau kita sablon akan terambil/ terangkat. Tapi process pengerjaannya sangat rumit sehingga bagi pemula sangatlah tidak mungkin menggunakan Transfer Paper tersebut.

    BalasHapus
  4. Coastal Inkjet Opaque dan 3G Jet Opaque sama2 untuk segala warna kain katun. Perbedaannya warna 3G lebih cerah.

    BalasHapus
  5. tinta yg di gunakan pke tinta ap gan? press nya bisa gag gan klo cm pke setrikaan,, mohon pencerahannya gan thanks

    BalasHapus
  6. mas saya memakai tinta sublime.... kira2 transfer paper yang cocok apa yah?.. mohon di bantu..

    BalasHapus
  7. Tinta Sublime kita belum ada transfer papernya. Mungkin pertengahan bulan Juni 2011, transfer paper yang bisa untuk tinta sublim sudah ada di Virginia Island. Kemungkinan harganya untuk yang Putih Rp.14.000,- sedangkan yang Dark Rp.19.000,- / lembar.

    BalasHapus
  8. dimana saya bisa cari Transfer Paper Self Weeding?... apakah bpk punya stock nya?

    BalasHapus
  9. pak mau nanya, ada gak tinta untuk epson t13 yang bisa di print di bahan Vynil stiker.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa Pak. Ada tapinya. Printer EPSON T-13 nya minimal menggunakan tinta asli/ Tinta pigment/ tinta art paper. Sedangakan Vinyl stickernya yang khusus untuk tinta pigment.

      Tidak bisa Sticker2 vinyl biasa yang untuk disablon manual/ untuk tinta eco solvent.

      Hapus
  10. Bpk saya mau nanya say pake printer canon ip 2770 saya mau ngeprint di kertas sticker yg glossy kira kira kalo menggunakan tinta pigmen kena air luntur ga ya pak? Terima kasih mohon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Printer Canon tidak bisa diisi dengan tinta pigment Pak. Headnya ngak kuat. Kalo mau printer yang bisa diisi dengan tinta pigment carilah EPSON T-13, TX-111,TX-121.

      Terima Kasih

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Pak saya mau tanya, kan sekarang tipe epson T-13, TX-111, TX-121, barangnya udah gada dipasaran (discontinue dari epson nya) terus alternatifnya mesti pakai printer apa? terimakasih

      Hapus
  11. Kalau tinta art paper bisa di print di atas polyplek gk pak

    BalasHapus
  12. Numpang Lewat yach min..

    Hanya DI OPPOPOKER
    Bonus New Member....
    Deposit 15.000 - 49.999 = Bonus nya 10.000
    Deposit 50.000 - 99.999 = Bonus nya 15.000
    Deposit 100.000 Ke atas = Bonus nya 20.000

    BalasHapus
  13. Jika misal ingin order alamat toko apa, harga perlembar berapa...

    BalasHapus