Rabu, 09 Maret 2011

Step By Step JPSS ( Jet Pro Soft Stretch ) Pasti Berhasil 100 %

Step By Step JPSS (Jet Pro Soft Stretch) Pasti Berhasil 100 %

JPSS merupakan salah satu Transfer Paper yang terbaik untuk di kaos cotton putih. Tetapi juga merupakan salah satu Transfer Paper yang tersulit digunakan, Sampai hari ini, Saya masih sering mendapat pertanyaan dari para juragan2 yang membeli JPSS dengan keluhan gagal mengaplikasikan JPSS dengan baik. Ada yang bilang warna tak tertransfer sempurna, ada yang bilang sablonannya mengkilat, ada yang bilang lapisan polymernya terlihat, dan masih banyak lagi.
Sebenernya jika cara aplikasi JPSS juragan sekalian benar, keluhan diatas tidak ada sama sekali. Hasil dari JPSS menyatu dengan bahan, hasil sablonan tidak mengkilat, lapisan polymer boleh dibilang tidak akan terlihat, kekuatannya sangat2 bagus. (Boleh dibilang 100 kali cuci pun bisa lebih).

Nah disini, Saya akan uraikan secara mendetail, cara menyablon dengan JPSS. Boleh dibilang jika memakai cara ini tingkat keberhasilannya 100 persen. Tapi sebelumnya, Juragan harus mengikuti cara setting tekanan mesin press yang telah Saya post sebelum ini.

1. Ini adalah kertas Jet Pro Soft Stretch. Dibelakangnya ada tulisan Jet Pro SS.


2. JPSS harus di print MIRROR. Jangan sampai lupa. dengan settingan printer untuk jenis kertasnya PLAIN PAPER sedangkan settingan qualitynya pakai PHOTO. Settingan BEST PHOTO juga bisa juragan gunakan. Tetapi ada kasus dimana jika menggunakan tinta yang kurang bagus akan terjadi luntur waktu dicuci. Jika hasil print seumpama kurang Bright menurut Juragan, bisa di Print 2 kali. Tetapi kadang memang beresiko Miss. Di contoh ini Saya print 2 kali.



3. Setelah itu ini juga tahap penting, Sablon JPSS juga perlu untuk di Trim/ digunting bagian yang tidak ingin disablon. Hanya tidak perlu terlalu rapi seperti kita menge-trim/ menggunting Coastal & 3G.


5. Ini alat2 yang Saya gunakan untuk Menge-trim / menggunting. Saya tidak pernah menggunakan cutting stiker.


6. Sebelum di Press, seperti biasa panaskan dahulu baju yang akan di sablon. Selain daerah yang akan disablon mulus, juga akan menghilangkan kelembaban baju. Sehingga nanti waktu disablon, hasil sablon dapat menempel dengan maksimal.


7. Setelah dipanaskan, angkat baju ke meja. Lalu posisikan gambar yang akan disablon dengan benar. Untuk mencari titik tengah, juragan bisa menggunakan penggaris besi seperti Saya.


8. Setelah gambar yang mau disablon benar letaknya, Selotip pinggirannya dengan masking tape tahan panas. Supaya gambar sablonan yang akan disablon tidak bergerak.


9. Lalu letakkan kaos di mesin heat press. Dan press dengan suhu 195 derajat selama 11 detik.


10. Tunggu sampai alarm berbunyi, Angkat tuas mesin press. Lalu angkat baju ke meja. Dan tunggu sampai dingin. (Disini, juragan tidak perlu klet panas JPSS nya).


11. Setelah dingin, kelet lapisan yang ada tulisan JPSS nya. Pelan2. Setelah semua dikelet dengan bersih, selesailah tahap pertama. Walaupun hasil dari sablonan sudah bagus tetapi ini belum dapat dijual/ dicuci. Karena posisi JPSS seperti ini, rentan terhadap tarikan yang bisa menyebabkan pecah lalu kalo dicuci bisa rontok/ retak2. Perhatikan digambar yang Saya lingkari supaya lebih jelas. Kalo diperhatikan secara seksama, Lapisan sablon dalam posisi ini seperti ada lapisan lilinnya. Ini yang membuat sablon JPSS dalam posisi ini mudah sekali retak dan belum layak dijual. Masih ada tahap 1 kali lagi untuk menyempurnakan.




12. Untuk tahap ke-2, sediakan kertas roti. Potong kertas roti sebesar/ seluar area gambar sablon. Tutup gambar sablonan dengan kertas roti. Lalu gunakan masking tape untuk supaya kertas roti tidak gerak2 lagi.


13. Lalu kita mesti press sekali lagi sablonan tersebut. Tetapi kali ini cara pengepressannya berbeda daripada yang pertama. Posisi gambar yang akan disablon diletakkan terbalik. Dalam arti posisi yang ada gambar tidak menghadap ke plat panas mesin press. Lihat gambar. Lalu press kembali dengan suhu 195 derajat selama 11 detik.


14. Tunggu Alarm berbunyi. Ini yang penting dan harus juragan perhatikan. Setelah Alarm berbunyi, langsung angkat baju pindahkan ke meja. (Segera mungkin). Kelet panas2 lapisan roti, lalu langsung segera stretch kaos yang ada gambar sablonannya.(Ditarik2 bagian yang ada sablonannya). Selesai. Baju dengan sablonan JPSS sekarang sudah siap dijual. Tapi sebelumnya beritahu ke Konsumen, Baju yang baru selesai disablon tidak boleh dicuci dalam 1X24 jam.

Ini hasil jadi JPSS yang disablon dengan cara yang benar. Sablonan menyatu dengan bahan dan kalo distretch pecahnya akan mengikuti serat kaos cottonnya.






Dan sekali lagi coba juragan perhatikan, lapisan seperti lilin yang ada pada waktu tahap pertama, sekarang sudah tidak ada lagi. Dan sablonan kalo dipegang sudah tidak kaku lagi seperti tahap pertama.

Semoga Step by step tutorial ini dapat membantu.

34 komentar:

  1. Terima kasih tutorialnya yang sangat berguna, Pak. Ada yang kurang jelas, yaitu pada step 13, dimana dipress pada posisi belakang gambar itu perlu dibalik bajunya (luar jadi dalam, dalam jadi luar) atau cukup ditengkurep-in (telungkupin), Pak?? Thank.

    BalasHapus
  2. Virginia Island11 Maret 2011 12.04

    Cukup ditengkurep-in Pak.

    BalasHapus
  3. Pak, kalo saya mau sablon kyk gitu, tpi pake setrikaan bsa ga ya pa?

    BalasHapus
  4. Virginia Island5 April 2011 09.46

    Kalo Pakai setrikaan tidak bisa Pak. Karena panas strika tidak bisa merata disemua area. Kecuali gambar hanya sebesar strikaan bisa.

    BalasHapus
  5. ini bisa diterapkan di 3G jet opaque gak ?

    BalasHapus
  6. 3G Jet Opaque ikutin cara step by step Coastal Inkjet Opaque. Sama persis caranya dgn Coastal.

    BalasHapus
  7. stocknya masih ada pak ya? minimal pengambilan berapa? sy pemula domisili makassar

    BalasHapus
  8. untuk step 12 itu ada pake kertas roti untuk penutup gambar sebelum di press lg scr terbalik. yang mo sy tanyakan kertas rotinya itu kertas kayak gimana ya? kl pake kertas lain bisa ngga?

    BalasHapus
  9. Virginia Island26 April 2011 09.25

    @pemula : stok selalu ready Pak. Tidak ada minimal pengambilannya.

    @sugiyanto : Kertas roti yang biasa dipakai utk bikin Bolu kukus. Kertas HVS biasa bisa, tetapi warnanya yang keambil ke kertas HVS bisa banyak. Sehingga hasil sablon terlihat warnanya kurang Bright.

    BalasHapus
  10. Pak, kalau kita mau cetak 2 sisi, depan dan belakang sisi kaos gimana u pengaturan step ke 13 tadi? apakah cukup 1x aja dilakukan press finalnya?

    BalasHapus
  11. Masing2 tetap harus di press 2 kali Pak. Kan waktu setting mesin press dibawahnya ada 2 karton tuh Pak. Nah kalo mau press depan n belakang , press dulu yang kecil gambarnya dahulu seperti biasa. Lalu utk gambar yg 1 lagi, karton kedua uang diselipkan ditarik ( tidak dipakai) tetapi Bpk ganti dgn buat 1 lagi yang bisa dimasukkan diantara kaos sebagai penganjal dan juga pelindung sablon yang pertama tadi dari panas yang berlebihan waktu press gambar yang kedua.

    BalasHapus
  12. wah bru tau ada JPSS, kbykan main pake flex...

    klebihan JPSS dibanding dengan Transfer paper apa y gan?
    cz cranya jg sma...

    BalasHapus
    Balasan
    1. JPSS boleh dibilang Transfer Paper untuk bahan terang yang terbaik. Hasil sablon setelah jadi Ditarik seberapa kuatpun, sablonan tidak akan pecah. Hasil sablon menyatu dengan bahan. Yang paling hebat, daya tahan cucinya yang sangat2 kuat.
      Kelemahannya : hanya tidak boleh disetrika sablonannya serta harus menggunakan mesin heat press yang mempunyai daya 1000 watt keatas.

      Hapus
  13. Pak mau tanya...dimana bisa mendapatkan kertAS T-Shirt Transfer paper

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di Virginia Island ada Pak.
      Tinggal sms aja ke 08176000666

      Terima Kasih

      Hapus
  14. bisa menggunakan tinta sublim pak?

    BalasHapus
  15. gan bisa pesen kain utnuk akost bult up gak gan???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngak bisa Pak. Ini aja untuk stock sendiri kita keteteran.

      Hapus
  16. untuk pemakaian JPSS ini tinta yg di pake itu sangat berpengaruh y, trus kira" untuk hasil yg memuaskan pake tinta ap y gan yg bagus?...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo untuk tinta Bpk bisa menggunakan tinta pigment / tinta art paper Pak.

      Hapus
  17. Mau tanya Pak, Printer sy Epson T13X. Pake tinta sublim, kalau mau pake krtas jnis Jpss dan 3G jet Opaque itu gimana donk pak??. Mohon pncerahannya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jawabanya tidak bisa Pak. Karena JPSS n 3G Jet Opaque tidak diperuntukkan untuk tinta sublim. Tetapi untuk tinta pigment atau tinta art paper. Saya tidak mau seperti pedagang2 di salah satu pusat pembelajaan (mal) yang jawabannya bisa menyenangkan hati pembeli. Bilangnya bisa2 yang ujung2nya membuat kecewa pembeli. Kalo Bpk tetap ingin menggunakan tinta sublim, ini jawaban Saya : Bpk bisa menggunakan Flock Sublimation n PE Sublimation.

      Hapus
  18. @gan ni mau tanya gan.klo awal pemanasaan tahap pertama sebelum disablon itu suhunya sma 195 slma 11detik atau beda gan.trus klo di dlam gambar ada yg kosong/tdk disblon apa harus digunting atau tidak gan...mkasih gan.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo tahap pemanasan aja sih suhu tetep sama tapi cukup 5-7 detik aja.

      Kalo menggunakan JPSS yang kosong juga harus di trim tetapi ngak perlu rapi2. Tetapi kalo seperti gambar DOnald Duck yang sebagai contoh itu, Gambar kepala donald yg putih2 itu tdk perlu di trim.

      Hapus
  19. Siang gan..
    Saya newbie yg coba coba utk usaha sablon digital.
    saya punya mesin press 1000 w lebih + printer epson dgn infus tinta pigment.
    ditambah mesin cutting a3 cameo.
    apakah spek diatas bisa menggunakan transfer paper tersebut.??

    kalo untuk cost produksi kira kira berapa ya untuk print a4.

    selain itu untuk spek diatas.. media lain / trans. paper lain yg bisa digunakan apa aja.

    Terimakasih.. gan atas bantuannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo melihat alat2 yang Bpk punya sudah cukup Pak. Yang mesti perhatian adalah mesin press aja. Karena syaratnya minimal mesin press punya daya 1200 watt.
      Produksi untuk A4 kalo belum termasuk baju yah, asumsi menggunakan transfer paper terbaik kurang lebih Transfer Paper Rp.16.000,-, ongkos Print tinta pigment Rp.1.500,- / A4; Ongkos press dan lain2 RP.10.000,-, total biaya Rp.27.500,-.

      Untuk alat2 yang Bpk punya sudah cukup lengkap Pak. Bisa menggunakan Flex n FLock yang dicutting, Transfer Paper.

      Hapus
    2. Ok.. mas suwanto. terimakasih atas penjelasannya.
      Btw.. bisa gak di emailkan untuk pricelist Flex n Flock serta transfer paper yg bisa saya pake untuk usaha saya ini. mulai dari bahan terang sampai gelap. :)

      Sekalian deh kalo ada nope nya.. biar konsultasinya lebih cepet. :)

      Salam..
      didin.digital@gmail.com

      Hapus
  20. misi gan, sya punya printer epson pake tinta bawaan epson , kalo saya mau ganti tinta bawaan ke tinta pigment untuk kertas jpss nya bisa ga ya gan??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa Pak. Asalkan Bpk menggunakan tinta pigment atau tinta Art Paper. Bisa Pak.

      Hapus
    2. Pak.. saya mw tanya, klo bwt cetak transfer paper jpss sama 3G opaque yang bagus pakek tinta apa..?? terus lebih bagus pake' printer epson L800 apa R1390..? teriakasih.

      Hapus
    3. Untuk mencetak diatas kertas transfer paper JPSS n 3G minimal menggunakan tinta pigment Pak. Tinta Art Paper juga bisa n hasil warnanya lebih kuat.
      L800 Sy tidak bisa banyak komen karena belum tahu Pak. Tetapi kalo dilihat dari tinta asli yang digunakan adalah Dye Ink, kemungkinan besar tidak bisa. dan kalo bisapun tidak tahan lama headnya.
      Sedangkan 1390 ini mempunyai Droplet ink head nya sangat kecil sekali yaitu 1,5 pl. Memang dampaknya membuat hasil cetak lebih halus n tajam, tetapi kalo diisi tinta pigment atau tinta Art Paper akibatnya gampang mampet n buntu Pak.
      Saran Sy gunakan EPSON T-1100.

      Hapus
  21. salam kenal mas,
    saya baru mau mencoba bergelut dibisnis sablon kaos,tapi saya belom tau apa2 saja yang harus saya persiapkan.bisa beri saya solusi atau rincian apa2 saja yang harus saya persiapkan..

    BalasHapus
  22. Selain epson t-1100 bisa pakek printer apa lagii..klok canon yg bisa buat ngeprint kyak epson t-1100 itu canon tipe brp klok boleh tau???

    BalasHapus