Sabtu, 21 Mei 2011

Step By Step 3G Jet Opaque

Step By Step 3G Jet Opaque

3G Jet Opaque adalah transfer paper terbaik yang pernah dibuat oleh Neenah paper. Selain warna yang cerah, daya tahan cucinya sangat luar biasa. Selain itu jika diraba terasa menyatu dengan bahan n sangat lembut (Untuk menghasilkan sablon yang bisa rata dengan bahan jika diraba, membutuhkan mesin press yang sangat panas n tekanan yang baik (tidak dapat dilakukan oleh mesin press dengan watt rendah)).
Disini Saya akan mencontohkan cara penggunaan 3G Jet Opaque. Sebenernya caranya sama saja dengan Coastal Inkjet Opaque hanya beda di waktu dan tekanannya saja.
Sebelumnya Juragan harus mengikuti cara settingan mesin press yang sudah Saya post sebelumnya.

1. Ini adalah contoh transfer paper 3G Jet Opaque. Ciri2 transfer paper 3G Jet Opaque yaitu dibelakang kertasnya ada tulisan 3G Jet Opaque.


2.Print kertas 3G Jet Opaque dengan settingan di printer untuk Jenis kertas PLAIN PAPER lalu untuk qualitynya : lebih baik menggunakan PHOTO. Tetapi pake BEST PHOTO juga bisa. Hanya untuk beberapa kasus dengan tinta yg kurang baik terjadi kasus luntur. Pastikan menggunakan tinta pigment/ tinta art paper kwalitas baik. Selain warna n kwalitas baik, tinta dengan kwalitas baik tidak merusak head printer. Tidak bisa menggunakan tinta sublim. Banyak kendala luntur jika menggunakan tinta sublim.


3. Lalu , ini penting. Gambar yang sudah di print harus digunting/ ditrim yang tidak mau ditampilkan di kaos nantinya. Trim/ Gunting serapi2 nya. Kalo punya mesin cutting yang bisa countour cut bisa menggunakan mesin tersebut untuk nge-trim/ mengguntingnya.


4. Panaskan dahulu kaos yang ingin disablon. Selain nanti bagian yang mau disablon rapi, juga supaya kaos yang mau disablon tidak lembab ( Tidak mengandung air kaosnya ). Supaya benar2 kering, sehingga sablonan akan menempel dengan sempurna.


5. Setelah dipanaskan, sekarang saatnya mengatur tata letak gambar yang akan disablon. Untuk mengatur tata letaknya, Juragan tidak perlu mengatur dibawah plat mesin press yang panas tersebut. Taruh aja kaos yang akan disablon di meja, atur tata letak gambar di kaos yang akan disablon. Setelah itu, tutupi gambar yang akan disablon dengan Silicon Sheet. Lalu dengan menggunakan setrikaan, Setrika sebentar gambar yang tadi sudah diatur. Nah, sudah. Gambar sudah tidak akan bergerak lagi.



7. Setelah gambar disetrika sebentar dan sudah tidak bergerak lagi, baru kita bawah menuju mesin heat press. Sebelum di press, tutupi sablon sekali lagi dengan Silicon Sheet. Setelah itu Press dengan suhu 175 derajat selama 30 detik. Dengan tekanan kuat. Tunggu sampai alarm bunyi.


8. Setelah Alarm bunyi, angkat tuas perlahan2.( Jangan dibuka dengan cepat). Kenapa? ini untuk memperkecil hasil sablonan ujung2nya terangkat. Lalu baju jangan diangkat dahulu, diamkan selama 10-15 detik, baru angkat perlahan2 dari mesin press. Ini juga dilakukan supaya memperkecil ujung2 dari hasil sablon ngak nempel maksimal. Setelah Baju ditaruh dimeja, biarkan dahulu sampai dingin.


9. Setelah dingin, baru Silicon Sheet baru boleh dikelet. Hasil kurang lebih harus seperti yang tertera digambar. Hasil sablonan hampir menyatu dengan bahan. Kalo dilihat dari dekat, hasil sablonan terlihat tekstur garis2 dari serat kaosnya.








Semoga sedikit tutorial step by step ini dapat menolong juragan2 sekalian.

NB : Lebih baik setelah selesai, di press sekali lagi dengan suhu dan waktu yang sama.


47 komentar:

  1. cara nglepas bagian belakang 3G paper yang gampangnya gimana yah, saya selalu kesulitan untuk melepasnya, kadang malah tintanya jadi terkelupas...

    BalasHapus
  2. Memang kadang2 ngelepas bagian belakang 3G agak sulit. Kalo bisa waktu nge-trim sisakan sedikit bagian yang tidak mau dipotong diujung aja ngak terlalu besar jangan dipotong dulu. waktu akan ngelepas, pakai cutter yg tajam untuk melepasnya di bagian yang tidak dipakai itu. Setelah lepas, baru kita gunting bagian yang tidak mau dipakai sehingga gambar kita aman.

    BalasHapus
  3. itu bener yah 175 derajat 30 detik???
    saya coba 175 derajat 15 detik saja warna kaosnya keangkat ke 3g nya. akhirnya saya pake 140 derajat 5 detik... biarin dingin baru di press sekali lagi dengan setingan yg sama :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmm.... mungkin bahan yang Bpk gunakan mengandung banyak Polyester. Kalo bahan full cotton rata2 menggunakan settingan 175 derajat 15-30 detik dgn tekanan mesin press sedang ke kuat.
      Tapi itu bukan paduan yang kaku atau harus Pak. Karena kan panas mesin press berbeda2 Pak, dan setelan tekanan mesin press yang Bpk setel berbeda juga dgn mesin Sy. Yang penting bisa menghasilkan hasil yang baik itu akhirnya yang jadi patokan di mesin press Bapak.

      Hapus
  4. untuk melakukan pemesanan transfer paper gimana caranya ??

    dan beda dari tinta pigment dan sublim itu apa?? saya mau buka usaha sablon tapi belum begitu paham. mohon pencerahannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bpk tinggal sms aja ke 08176000666 Pak.

      Tinta Pigment beda jenis dengan tinta sublim. Tinta Pigment sangat tepat jika diaplikasikan ke Transfer Paper yang nantinya akan diaplikasikan ke kaos cotton.

      Sedangkan tinta sublim bukan diperuntukkan untuk dipakai di Transfer Paper. Jadi jika Bpk ingin memakai tinta sublim untuk diaplikasikan ke bahan cotton harus menggunakan media Polyester Sublimation atau Flock Sublimation.

      Hapus
  5. pak suwanto saya ali yang beli tinta kemaren
    hasil na bagus bangat pak,saya sangat puas, tpi masih ada yang lupa pak Silicon Sheet,yg buat kertas 3G na gak dikasih tau saya pak

    BalasHapus
  6. untuk pemakaian 3G Jet Opaque apakah bisa dilakukan dengan Mesin Heat Press ukuran 38 cm X 38 cm ? terimakasih :)

    BalasHapus
  7. dari tutorial diatas: Untuk menghasilkan sablon yang bisa rata dengan bahan jika diraba, membutuhkan mesin press yang sangat panas n tekanan yang baik (tidak dapat dilakukan oleh mesin press dengan watt rendah)).

    pertanyaan saya : apakah Dengan mesin yg Anda jual dengan daya 1200 watt (mesin 38 cm X 38 cm) sdh memenuhi persyaratan? ataukan harus dengan mesin dengan daya diatas 1200w?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk heat press dengan besar 38 cm x 38 cm sudah memenuhi syarat untuk menjadi heat press yang baik dalam sablon baju digital Pak.

      Mesin kita sudah melalui test dulu sebelum kita akan menjualnya ke konsumen. Jadi pastinya mesin heat press yang Sy jual sudah memenuhi kriteria tersebut.

      Hapus
  8. terimakasih atas jawabannya. kl boleh tau mesin heat press nya buatan negara mn ya pak? trus kl Silicon Sheet itu dapetnya dari beli alat press ini atau dijual terpisah?

    NB: fungsi dari Silicon Sheet saya baca di : http://sablon-baju.blogspot.com/2011/05/step-by-step-3g-jet-opaque.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mesin Press kita buatan China Pak. Yang dapat waktu beli mesin press adalah Teflon Sheet Pak. Alias pelindung dari plat panas mesin press supaya Plat panas mesin press bersih terus.

      Hapus
    2. apakah silicon sheet bisa diganti menggunakan teflon sheet aja?

      Hapus
    3. Bisa Pak. Tapi hasil akhirnya beda. Kalo menggunakaan Teflon Sheet, hasilnya tebal mengkilat n tidak rata mengkilatnya. Kalo menggunakan Silicon Sheet hasilnya doff n lebih tipis.

      Hapus
  9. wah telat nih saya liatnya , disamping ada infonya Silicon Sheet, td ngga liat dl, hehe

    1 pak uk. Tabloid = Rp.40.000,- (Isi 5 Sheet).
    1 pak uk.Letter = Rp.20.000,- (Isi 5 Sheet).

    pak, Silicon Sheet itu bs di pakai berulang2 atau cm utk 1x pakai?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silicon Sheet gunanya sebagai penutup sebelum Transfer Paper di press dgn mesin press. Kalo tidak ditutup, transfer paper akan lengket ke plat panas mesin press.
      Dan selama yang Sy tahu belum ada pengganti yang pas untuk Silicon Sheet.
      Silicon Sheet dapat dipakai berulang2 sekitar 10-15 kali pakai.

      Hapus
  10. gan,ini dicetak pke printer biasa,tapi tintanya di ganti bisa ato g gan.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Minimal harus dicetak dengan menggunakan tinta pigment Pak.
      Yang bisa diisi dengan tinta pigment hanya printer EPSON seti T.

      Hapus
  11. harganya berapa gan 3G Jet Opaque ??
    saya mau tuhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. 3G harganya A4 Rp.15.000,- n A3 Rp.30.000,- per lembar.

      Hapus
    2. gan ko nomer hpnya saya telponin ga di angkat angkat yaaa ..

      Hapus
    3. Langsung sms kalo mau pesan Pak. Telpon memang kadang ngak diangkat kalo kita sibuk.
      Kalo mau tanya2 lebih baik lewat Whatsapp n YM.

      Terima Kasih

      Hapus
  12. jika saya buat pesanan bisa dihantar ke malaysia? berapa harga/kos nya jika pesan A3 100 pieces,,..email saya pak hamim2411@gmail.com.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Utk Bpk Muhamad Hamin di Malaysia, Bpk bisa beli dgn Hongjet kl di Malaysia Pak.

      Hapus
    2. harga di hongjet beza sungguh harganya pak....

      Hapus
    3. Kl harga utk 101 lbr A3 dpt potongan Rp.5.000,- / lembar.

      Hapus
  13. percetakan Berkat Aulia, Kalimantan Selatan
    Order Transfer paper 3G Jet Opoque 50 pcs
    kemarin sdh d telp,bisa d terima, trus order via sms,
    saya masih nunggu balasannya...
    Alamat Banjarbaru, Kalimantan Selatan

    BalasHapus
  14. hanya dengan strika biasa tanpa mesin pres kgak bsa ya gan?
    penasaran mau nyoba tapi mesin pres ane gak punya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo menggunakan strika bisa hanya untuk dipakai sendiri. Karena hasil tidak akan maksimal. kalo untuk ukuran kecil yang bisa ditutup dgn besi setrikaan sih hasilnya pasti bagus. Tapi kalo gambarnya besar, tidak akan sempurna.
      Banyak kejadian seperti terkelupas, berkerut ini karena hasil dari panas yang kurang merata. Bisa disebabkan oleh mesin press dengan daya dibawah 1000 watt.
      Bpk bisa bayangkan, mesin press dgn daya dibawah 1000 watt aja tidak bisa menghasilkan hasil yang sempurna apalagi setrikaan.

      Hapus
  15. pak saya rencana akan melakukan usaha sablon pres yg untuk dilakukan order partai, mesin n printer apa yg maksimal untuk saya melakukan usaha tersebut?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung orderannya Pak : Kalo hanya untuk bahan kaos PE, Higet, Polyester warna putih, yang terbaik adalah menggunakan Printer dengan tinta sublim n mesin press. Bisa juga di bahan terang tetapi warna putih yg didesign di komputer menjadi warna kaos Pak.
      Sedangkan kalo untuk ke kaos PE, Higet, n Polyester hitam/ gelap, pengaplikasian sablon harus via transfer paper. Yang mana untuk menggunakan Transfer Paper diperlukan printer dengan tinta pigment/ tinta art paper n mesin press.
      Untuk mesin press saran Saya Bpk harus mencari yang mempunyai daya diatas 1000 watt. Tidak boleh yang dual watt yah Pak. Cari yang single.

      Hapus
  16. Dear Pak Suwanto,
    saya barusan mencoba tips n trick menggunakan transfer paper dari bapak, namun hasilnya adalah benar objek yg saya cetak di transfer paper berhasil menempel di kaos tetapi tidak terang hasilnya. Apakah saya hrs mengganti tinta printer saya? terimakasih banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmm.... Yang pertama2 ini hasilnya sudah dicuci atau belum? Yang kedua, transfer paper apa yang digunakan JPSS/ 3G?

      Hapus
  17. Malam pak, saya mo tanya apa ditoko bapk ada jualan karet mesin pres uk 38x38, kalo ada brapaan harganya pak.

    BalasHapus
  18. pak/bu bagaimana jika 3G diaplikasikan ke bahan polyester seperti jersey bola?
    mengetahui harga bahan printable flex dgn tinta pigment terbilang tinggi

    BalasHapus
    Balasan
    1. 3G untuk diaplikasikan ke Polyester terbilang ngak bisa Pak. Tetapi ada beberapa langganan Sy yang berhasil mengaplikasikan ke Polyester. Untuk printable Flex sendiri juga tdk dianjurkan ke bahan polyester 100%, karena bisa tembus warna polyesternya keluar.

      Yang terbaik adalah menggunakan bahan Sublithin Pak.

      Hapus
  19. apa yang dimaksud dengan sublim paper pak, apakah tiadak boleh menggunakan tinta pigmen dengan memakai sublim paper? makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sublim Paper itu seperti Inkjet Paper Pak. Hanya Sublim Paper lebih tidak menyerap tinta ke kertasnya. Untuk proses transfer tinta sublim ke bahan Polyester lebih bagus menggunakan Sublim Paper. Tapi yang perlu diingat, Sublim paper bukan Transfer Paper. Dan Sublim Paper juga tidak bisa digunakan seperti proses sablon bahan TC n Higet menggunakan tinta sublim ke bahan cotton Pak. Jelas tidak bisa karena cotton tidak akan menyerap tinta sublim tersebut.

      Hapus
  20. gan mau tanya nih emang selain pake tinta art paper virgiisland... apa lagi yg bagus tp harganya bersahabat???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo merk yang beredar di pasaran banyak Pak. Bpk jangan mempertimbangkan harga murah tapi kwalitas ngak bagus, kalo kena headnya apa ngak lebih mahal Pak. Saya rasa untuk tinta art paper paling hanya beda2 ngak lebih dari Rp.20.000,- per botolnya. Tapi yang penting kan head dari printer yang aman.

      Hapus
  21. pak saya mau nanya printer epson selain seri T seri apa lagi yang bisa untuk ngeprint tranfer paper...?
    terus berapa harga tinta pigment danbagai mana cara pesan nnya...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang penting Printer tersebut bisa diisi dengan tinta pigment/ tinta Art Paper Pak. Setau Saya hanya Seri T-11, T-20, T-13, T-1100, ME-32, ME-340, TX-110, TX-111. Dan masih ada beberapa lagi.
      Mudahnya di kotaknya ada tulisan menggunakan tinta DURABRITE.

      Terima Kasih

      Harga tinta pigment kalo dikirim jadi 115 ml Rp.50.000,-. Untuk pemesanan bisa WHATSAPP 082330000666.

      Hapus
  22. Hendra muliawan17 Februari 2014 21.23

    Pak, saya memakai tinta sublim dan printer epson. Pertanyaan saya kenapa hasil cetak di kertas sublim tidak terang seperti tinta biasa ? trus cara mudah bedain kertas sublim depan dan belakangnya gimana ya ? dan terakhir bagaimana cara print kaos dengan menggunakan media kertas sublim dan tinta sublim pada bahan cotton, karena pas saya coba hasilnya terlalu pudar ? terima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cara membedakan kertas Sublim kalo belum terbiasa memang sedikit susah yah Pak. Tetapi tetap bisa dibedakan. Kalo masih ragu, di print aja dulu Pak, biasanya yang warnanya rata n terang itu yang dipakai.

      Kalo untuk sablon ke bahan cotton, tidak bisa menggunakan tinta sublim Pak. Tinta sublim lebih bagus digunakan untuk bahan2 yang banyak mengandung polyesternya. Ada yang menggunakan namanya Cotton Gel tetapi ini juga tidak bisa digunakan karena hasilnya tidak akan maksimal karena hasilnya tidak akan bisa stabil.

      Kalo mau nyablon ke bahan cotton lebih baik menggunakan transfer paper dengan menggunakan tinta pigment/ tinta art paper.

      Terima Kasih.

      Hapus
  23. bila pesan sampai di alamat costmr berapa hari ya.. thx

    BalasHapus
  24. Penjelasanya Lengkap,Mudah dipahami bahkan oleh pemula seperti Kami sekalipun.. Thank Gan..

    BalasHapus